4 Wisata Pegunungan Daerah Temanggung yang Memanjakan Mata

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Wisata Pegunungan Daerah Temanggung. Sumber Unsplash Wilson Hidayat
zoom-in-whitePerbesar
Wisata Pegunungan Daerah Temanggung. Sumber Unsplash Wilson Hidayat
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Temanggung merupakan memiliki derah yang berupa pegunungan. Itulah mengapa ada berbagai wisata pegunungan daerah Temanggung yang bisa didatangi saat senggang.
ADVERTISEMENT
Wisata-wisata ini dapat memanjakan mata karena keindahan pemandangannya. Selain itu, beragam wisata tersebut juga bisa menyegarkan pikiran terutama ketika merasa penat dengan kehidupan perkotaan.

Rekomendasi Wisata Pegunungan Daerah Temanggung

Wisata Pegunungan Daerah Temanggung. Sumber Unsplash Wilson Hidayat
Menurut situs Pemerintah Kabupaten Temanggung temanggungkab.go.id, Temanggung berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Wonosobo.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Temanggung mempunyai daerah pegunungan terutama Oleh sebab itu, ada beberapa wisata pegunungan daerah Temanggung yang menyenangkan. Berikut ulasannya.

1. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut. Banyak turis yang tertarik untuk mendaki gunung ini dengan mengikuti perjalanan open trip.
ADVERTISEMENT

2. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro dikenal sebagai kembaran dari Gunung Sumbing karena lokasinya yang berdekatan. Tingginya pun tak beda jauh dari Gunung Sumbing, yaitu 3.136 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga kerap didaki oleh para turis dengan agen travel.

3. Embung Kledung

Bila ingin menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing tanpa harus mendakinya, Embung Kledung bisa dikunjungi. Tak hanya itu saja, para turis juga bisa berkemah di sini sembari merasakan udara dataran tinggi yang sejuk.
ADVERTISEMENT

4. Taman Wisata Alam Posong Temanggung

Di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, ada Taman Wisata Alam Posong Temanggung yang bisa didatangi. Taman wisata ini mempunyai ketinggian sekitar 1000 di atas permukaan laut dan dilengkapi beragam fasilitas, seperti penginapan.
Beragam wisata pegunungan daerah Temanggung ini dapat menjadi pilihan untuk menikmati alam. Terlebihi lagi bagi para wisatawan yang ingin merasakan udara segar. (LOV)