5 Kuliner Hidden Gem Solo di Pasar Gede

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
9 Juli 2023 17:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kuliner Hidden Gem Solo di Pasar Gede. Foto: Unsplash/Devi Puspita Amartha Yahya.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kuliner Hidden Gem Solo di Pasar Gede. Foto: Unsplash/Devi Puspita Amartha Yahya.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ke Kota Surakarta atau Solo, belum lengkap tanpa mencicipi lima kuliner hidden gem Solo di Pasar Gede. Kelima kuliner tersebut tentunya wajib untuk dikunjungi dan dinikmati kelezatan tiap gigitannya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari surakarta.go.id, Pasar Gede dibangun pada tahun 1927 oleh seorang arsitek asal Belanda, Ir. Herman Thomas Karsten, dan diresmikan pada 12 Januari 1930 oleh Pakubuwono X. Hal ini menjadikan Pasar Gede sebagai pasar tradisional tertua yang ada di Kota Solo.

Kuliner Hidden Gem Solo di Pasar Gede

Ilustrasi Nasi Liwet. Foto: Unsplash/Mufid Majnun.
Inilah kuliner hidden gem Solo di Pasar Gede yang wajib didatangi wisatawan saat berkunjung ke Kota Solo, Jawa Tengah.

1. Tahok Pak Citro

Kuliner hidden gem pertama, wisatawan bisa mencicipi kelezatan Tahok Pak Citro. Tahok atau kembang tahu ini sudah dijual oleh Pak Citro sejak tahun 1968 di Pasar Gede. Sudah pasti Tahok Pak Citro ini punya penikmatnya sendiri.
Jam Buka: 06.00-11.00 WIB

2. Nasi Liwet Bu Sri

Selanjutnya ada sajian Nasi Liwet Bu Sri. Sepincuk Nasi Liwet dengan pilihan lauk, seperti telur bacem, ayam goreng, dan masih banyak lainnya bisa dinikmati wisatawan di sini. Warung Nasi Liwet Bu Sri di Pasar Gede ini tidak pernah sepi pengunjung. Pastikan datang di pagi hari agar kebagian Nasi Liwetnya.
ADVERTISEMENT
Jam Buka: 06.30-11.00 WIB

3. Timlo Sastro

Kemudian ada Timlo Sastro yang berlokasi di belakang Pasar Gede. Timlo merupakan sajian sup gaya China yang populer di Solo. Isiannya ada suun, jamur kuping, telur pindang, dan sosis telur. Semua bahan diguyur kaldu bening dan gurih segar yang dibuat dari ayam kampung
Jam Buka: 06.00-10.00 WIB

4. Lenjongan Yu Sum

Kalau pilihan sarapan yang enak adalah makanan manis, mampirlah ke Lenjongan Yu Sum. Panganan manis ini dibuat sejak pukul 3 pagi, dan mulai dijajakan pada jam 7 pagi. Lenjongan ini berisi ketan hitam, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon.
Jam Buka: 07.00-15.00 WIB

5. Gempol Pleret

Gempol pleret atau es gempol pleret adalah salah satu minuman segar asal Jawa Tengah. Es gempol pleret ini berisi gempol berbentuk bulat dan pleret berbentuk pipih. Tidak ketinggalan juga, gurihnya kuah santan dan manisnya gula jawa.
ADVERTISEMENT
Jam Buka: 07.00-15.00 WIB
Saat berwisata, wisatawan dapat mampir ke Pasar Gede untuk mencicipi kelima kuliner hidden gem Solo di Pasar Gede tadi. (Fitri A)