5 Makanan Khas Korea Selatan yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2023 13:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makanan khas Korea Selatan, foto hanya ilustrasi: Unsplash/Markus Winkler
zoom-in-whitePerbesar
Makanan khas Korea Selatan, foto hanya ilustrasi: Unsplash/Markus Winkler
ADVERTISEMENT
Bagi yang hobi menonton drama atau film Korea, tidak jarang ada makanan khas Korea Selatan yang muncul di tayangan tersebut. Dengan penampilan makanan yang menggiurkan, membuat penonton tertarik untuk mencoba makanan tersebut.
ADVERTISEMENT
Makanan khas dari Korea Selatan sendiri cukup bervariasi. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Di Indonesia, tidak sulit menemukan makanan Korea yang yang bisa dicoba, terutama untuk beberapa makanan yang populer.

5 Makanan Khas Korea Selatan yang Menggugah Selera

Makanan khas Korea Selatan, foto hanya ilustrasi: Unsplash/GoodEats YQR
Bagi yang penasaran ingin mencicipi makanan khas Korea secara langsung, inilah beberapa makanan khas Korea Selatan yang memiliki visual menggugah selera dan wajib untuk dicoba.

1. Tteokbokki

Pertama ada makanan yang sangat populer yaitu tteokbokki. Tteokbokki merupakan makanan yang terbuat dari rice cake yang dimasak bersama campuran odeng atau kue ikan dan gochujang sehingga menghasilkan kuah yang kemerahan.
Agar semakin lezat, biasanya tteokbokki juga dilengkapi dengan telur rebus dan daun bawang. Rasanya gurih, pedas dengan tekstur kenyal dari tteok atau rice cake-nya.
ADVERTISEMENT

2. Japchae

Selanjutnya ada japchae. Makanan satu ini mirip dengan makanan Indonesia yaitu bihun goreng. Japchae terbuat dari glass noodle yang diberi campuran kecap asin dan sayuran dan menghasilkan rasa gurih yang lezat. Biasanya japchae disajikan sebagai banchan atau lauk saat makan.

3. Bulgogi

Menu makan yang populer lainnya adalah bulgogi. Makanan yang terbuat dari daging sapi ini memiliki cita rasa manis yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Bulgogi sendiri biasanya disajikan dengan konsep barbeque atau grill.

4. Kimchi

Makanan khas Korea Selatan berikutnya adalah kimchi. Makanan satu ini adalah salah satu makanan wajib yang biasa disantap bersama makanan lainnya atau bisa juga disebut sebagai side dish.
Kimchi sendiri memiliki jenis yang beragam. Salah satunya yang terkenal adalah kimchi sawi putih. Rasa asam dari hasil fermentasi dan sedikit pedas dari gochujang dan bubuk cabe, membuat kimchi memiliki rasa khas yang unik.
ADVERTISEMENT

5. Kimchi Jjigae

Terakhir ada kimchi jjigae yang merupakan sup pedas berisi sayuran seperti sawi putih dan daun bawang, tahu, dan makanan laut atau daging babi yang direbus bersama kimchi sebagaimana dikutip dari buku Panduan Asik Ngobrol & Jalan-jalan di Korea, Aisya Fadhila, (2009:68).
Kimchi jjigae ini cocok disantap bersama nasi dan sering menjadi lauk di rumah karena cara pembuatannya yang mudah. Penyajian sup ini dihidangkan bersama panci di tengah meja dan bisa dinikmati bersama-sama.
Setelah mengetahui daftar makanan khas Korea Selatan yang menggugah selera tersebut, manakah makanan yang tertarik untuk dicoba? Pastikan untuk mencobanya di restoran Korea yang otentik agar merasakan rasa asli dari makanan tersebut. (PRI)
ADVERTISEMENT