5 Makanan Khas Suku Bugis yang Paling Nikmat

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
30 Januari 2024 3:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makanan Khas Suku Bugis. Unsplash/Ella Olson
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makanan Khas Suku Bugis. Unsplash/Ella Olson
ADVERTISEMENT
Makanan khas suku Bugis terkenal dengan rasa yang unik dan nikmat. Bagi yang belum tahu apa saja makanan khasnya, di sini ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa dicoba.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman wajokab.go.id, Bugis adalah suku yang tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu. Kata "Bugis" berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis. Suku Bugis sendiri berada di Sulawesi Selatan.

5 Rekomendasi Makanan Khas Suku Bugis

Ilustrasi Makanan Khas Suku Bugis. Unsplash/Irina
Berikut beberapa makanan khas suku Bugis yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan:

1. Pisang Ijo

Pisang Ijo adalah hidangan lezat dari pisang raja yang dibalut dalam adonan tepung berwarna hijau, dipadukan dengan fla, diberi sentuhan sirup ambon atau sirop DHT, dan ditaburi dengan kacang.
Keberadaannya bermula pada abad ke-17, berasal dari inovasi kuliner masyarakat Bugis-Makassar dalam mengolah pisang.

2. Barongko

Menurut situs Indonesia.go.id, barongko telah ada sejak zaman kerajaan, menjadi hidangan istimewa untuk kaum bangsawan Bugis.
ADVERTISEMENT
Pada masa itu, raja-raja Bugis menganggap barongko sebagai penutup mewah dan hingga sekarang, kue ini tetap dihidangkan pada acara istimewa seperti pernikahan atau upacara adat.
Dalam tradisi Bugis-Makassar, Barongko memiliki makna filosofis yang tinggi, dianggap sebagai simbol nilai budaya dan prinsip hidup yang agung karena olahan pisang yang dibungkus dengan daun pisang.

3. Coto Makassar

Coto Makassar, dikenal oleh hampir seluruh penduduk Indonesia, menjadi primadona yang pertama dicari oleh pelancong saat mengunjungi Sulawesi Selatan.
Hidangan berkuah ini kaya rasa dan mengandung campuran jeroan setelah direbus dan diberi bumbu autentik khas Bugis sebelum dicampur ke dalam coto.

4. Sop Konro

Makanan khas berikutnya dari Bugis adalah konro, sebuah hidangan yang menggunakan iga sapi sebagai bahan utama. Untuk menyajikan konro, iga sapi direbus dengan campuran rempah-rempah seperti asam, kayu manis, dan bumbu lainnya.
ADVERTISEMENT
Kuahnya disiapkan dengan menumis beragam rempah seperti merica, kacang merah, pala, dan buah kluwak, memberikan kuah berwarna hitam pekat yang khas.

5. Songkolo Begadang

Makanan khas Bugis terakhir yang menarik untuk dicoba adalah Songkolo Begadang, makanan penutup yang terbuat dari ketan hitam atau ketan putih. Proses pembuatannya melibatkan pengukusan ketan hingga matang, dan kemudian disajikan dengan suwiran kelapa.
Itulah 5 rekomendasi makanan khas suku Bugis yang nikmat dan wajib dicoba ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan. (Andi)