5 Pantai di Pulau Kei Maluku, Indahnya Seperti Surga

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
19 April 2024 11:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pantai di Pulau Kei. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/
zoom-in-whitePerbesar
Pantai di Pulau Kei. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pantai di Pulau Kei sering luput dari perhatian, meskipun keindahan alaminya sebanding dengan surga tropis yang sering diidamkan. Kejernihan air laut yang berpadu dengan pasir putih nan halus, serta barisan pohon kelapa yang membentang, membuat setiap sudut pantai ini layak menjadi sorotan utama bagi para pencinta pantai.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari indonesia.go.id, Kepulauan Kei terletak di tenggara Maluku, menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Penduduk lokal menamai wilayah ini Nuhu Evav atau Kepulauan Evav.
Secara geografis, Kepulauan Kei berbatasan dengan Kepulauan Aru di sebelah barat dan Kepulauan Tanimbar di timur laut.

5 Pantai di Pulai Kei yang Punya Keindahan bak Surga

Pantai di Pulau Kei. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Rizky Arief
Pantai di Pulau Kei menawarkan suasana yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Keaslian dan kebersihan alam sekitarnya menjadikan setiap kunjungan terasa eksklusif dan pribadi. Berikut lima pantai di pulau ini yang keindahan alamnya bak surga di bumi.

1. Pantai Nirun Elaar Ngursoin

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang menarik pengunjung untuk menikmati sunset, Pantai Nirun lebih memikat saat matahari terbit. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan nelayan yang kembali dari melaut dan menambatkan perahu mereka. Bagi yang terlambat datang, Pantai Nirun tetap menawarkan keindahan dengan perairan tenang yang ideal untuk berenang atau snorkeling.
ADVERTISEMENT
Terletak di Ngursoin, Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, pantai ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 dengan biaya masuk hanya Rp5.000.

2. Pantai Pasir Timbul Ngurtafur

Pantai Pasir Timbul Ngurtafur menawarkan keunikan berupa pasir timbul yang muncul saat laut surut. Pasir ini terbentang sepanjang 2 kilometer ke tengah laut dan berlebar 7 meter, menciptakan ilusi laut yang terbelah.
Pantai ini terletak di Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku dan dapat diakses 24 jam setiap hari tanpa biaya masuk.

3. Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun di Pulau Kei dikenal karena keunikannya. Meski tampak serupa dengan pantai-pantai lain yang memiliki pasir putih dan lautan biru jernih, pantai ini menawarkan fenomena menarik.
Ketika air laut surut, luas pantai bertambah sekitar 500 meter, fenomena yang dikenal oleh penduduk lokal sebagai "meti". Selain itu, di timur pantai terdapat gua yang berisi lukisan kuno dari manusia purba yang pernah mendiami daerah tersebut ribuan tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Pantai ini buka 24 jam sehari dan terletak di Ohoidertawun, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, dengan harga tiket masuk hanya Rp2.000.

4. Pantai Ngurbloat

Berlokasi di Desa Ngilngof, Pantai Ngurbloat memiliki lautan biru yang jernih, pantai yang bersih, dan barisan pohon kelapa yang memukau. Keistimewaan utama Pantai Ngurbloat terletak pada pasirnya yang sangat halus, serupa dengan tepung. Tak heran, pantai ini mendapat pengakuan dari National Geographic sebagai pantai dengan pasir terhalus di Asia.
Pantai ini buka 24 jam sehari dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000, terletak di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

5. Pantai Ngur Sarnadan

Pantai Ngur Sarnadan dikenal karena karakteristiknya yang landai dengan pasir putih yang memanjang hingga 100 meter ke tengah laut. Saat sunset, pemandangan menjadi sangat memukau.
ADVERTISEMENT
Keindahan ini membuat masyarakat setempat menobatkan Pantai Ngur Sarnadan sebagai lokasi dengan sunset terindah di Pulau Kei. Pantai ini terletak di Ohoililir, Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku dan buka 24 jam sehari dengan tiket masuk Rp5.000.
Pantai di Pulau Kei memang belum terlalu dikenal, tetapi setiap detail keindahannya menyuguhkan potret surga yang belum terjamah. Kehadiran pantai ini menjanjikan pelarian yang sempurna bagi siapa saja yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang autentik. (CR)