5 Rumah Makan di Banjarmasin yang Enak dan Terjangkau

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
15 Januari 2024 14:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Rumah Makan di Banjarmasin. Foto: Unsplash/Zakaria Zayane
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Rumah Makan di Banjarmasin. Foto: Unsplash/Zakaria Zayane
ADVERTISEMENT
Setelah puas berwisata di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, wisatawan bisa mencoba beragam wisata kuliner di rumah makan di Banjarmasin.
ADVERTISEMENT
Kuliner merupakan kegiatan yang banyak disukai oleh sebagian orang. Ketika sedang berkuliner, tentunya akan memilih berkunjung ke tempat makan dengan harga murah dan makanannya yang enak.

Rumah Makan di Banjarmasin

Ilustrasi Rumah Makan di Banjarmasin. Foto: Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦
Kota Banjarmasin merupakan kota terbesar di Kalimantan Selatan. Tidak heran jika terdapat banyak rumah makan di Banjarmasin. Dikutip dari buku Jelajah Kalimantan, Nasrudin Ansori, (2016:69), suku banjar terkenal dengan aneka jenis masakannya yang lezat.
Berikut merupakan rumah makan di Banjarmasin yang enak dan harga terjangkau.

1. Nasi Kuning Rahmat

Menu masakan nasi kuning terkenal dengan rasanya yang gurih dan proses pembuatannya yang paling mudah. Seperti yang diketahui, masakan nasi kuning banyak disajikan di kota Banjarmasin, khususnya di Nasi Kuning Rahmat.
Bumbu terbaik digunakan dalam setiap pengolahan nasi kuning. Di sini, tersedia lauk pauk berupa haruan, ayam, dendeng, dan telur mampu memberikan cita rasa yang berbeda dibandingkan menu lainnya.
ADVERTISEMENT
Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.20A, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

2. Soto Bang Amat

Soto Bang Amat yang terkenal di Banjarmasin sangat populer karena menu kuliner Soto di warung ini memang unik. Kualitas pengolahan soto banjar di warung ini dikenal mampu menambah nafsu makan.
Kepuasan konsumsi terhadap segala hidangan juga terus meningkat seiring dengan adanya pemandangan menarik di sekitar rumah makan ini. Lokasi gerai Soto Bang Amat berada di kawasan Banua Anyar.

3. Lontong Orari

Lontong Orari merupakan salah satu kuliner legendaris di Banjarmasin. Lontong Orari merupakan menu sayur lontong yang dilengkapi dengan lontong, sayuran dan lauk pauknya.
Keistimewaan Lontong Orari adalah bentuknya yang segitiga. Keistimewaan lainnya adalah masakan ikan Haruan yang dijadikan lauk.
ADVERTISEMENT
Restoran Orari telah dibuka sejak tahun 1980 an. Restoran ini terletak di Masjid Jalan Seberang pusat kota Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Lontong Orari bisa dinikmati mulai ukul 10.00 pagi hingga pukul 04.00 dini hari.

4. Warung Pondok Bahari

Warung Pondok Bahari berada di Jalan Simpang Kapten Piere Tedean No 108, Rt 016 Rw 002, Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Warung ini buka selama 24 jam. Menu populer di tempat makan ini adalah soto banjar, lontong haruan, dan sop buntut iga. Harga makanan di Warung Pondok Bahari hanya mulai dari Rp20.000 an saja.

5. Depot Sari Patin

Kota Banjarmasin terkenal dengan olahan ikan patin yang banyak ditemukan di daerah Banjarmasin. Ada ikan patin goreng, bakar, hingga sop yang rasanya tak perlu diragukan lagi.
ADVERTISEMENT
Pengunjung bisa mengunjungi tempat makan ini bersama keluarga atau teman-teman untuk berkumpul. Lokasi depot ini berada di Jalan Brigjend. Hasan Basri, No. 53. Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin
Itulah beberapa rekomendasi rumah makan di Banjarmasin yang enak dan terjangkau. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi tempat berburu kuliner di Banjarmasin.(glg)