5 Spot Sunrise di Gunung Kidul

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
17 September 2022 15:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
spot sunrise di gunung kidul/gambar hanya ilustrasi. sumber foto : unsplash/pablo.
zoom-in-whitePerbesar
spot sunrise di gunung kidul/gambar hanya ilustrasi. sumber foto : unsplash/pablo.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sunrise merupakan pemandangan alam yang menarik untuk disaksikan saat pagi hari, ditambah suasana sejuk dan belum banyak beraktivitas. Karena itu, banyak orang hobi banget mengambil foto matahari terbit ini. Salah satu tempat paling oke untuk mengambil foto fenomena ini adalah di Gunung Kidul. Inilah deretan spot sunrise di Gunung Kidul terbaik yang wajib kamu kunjungi untuk mengambil foto matahari terbit.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku, Adventure Lovers: 69 Wisata Pacu Adrenalin di Pulau Jawa oleh Ulung, G (2016), Gunung Kidul mempunyai berbagai tujuan wisata yang menarik seperti pantai, air terjun dan gua yang berada jalur air bawah tanah dengan bentuk beragam.
Karena berada di dataran tinggi, maka spot sunrise-nya cukup banyak di salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Di mana saja ya?

5 Spot Sunrise di Gunung Kidul

spot sunrise di gunung kidul/gambar hanya ilustrasi. sumber foto : unsplash/ivana.
Jika kamu seorang fotografer, pecinta alam, maupun pemburu sunrise, berikut lima rekomendasi spot sunrise di Gunung Kidul, beserta lokasi dan jam bukanya.

1. Kebun Buah Mangunan

Tempat pertama yang cocok untuk melihat sunrise yaitu Kebun Buah Mangunan, selain itu terdapat lautan awan yang menyelimuti perbukitan, membuat view pagi harimu semakin cantik. Setelah puas melihat sunrise, kamu bisa menikmati agrowisata di sini.
ADVERTISEMENT

2. Embung Tambakboyo

Selain area perbukitan, kamu bisa mengunjungi Embung Tambakboyo dengan menikmati pemandangan sunrise dan pantulan warna kuning di permukaan air kolam. Ditambah pemandangan pepohonan sekitar, menambah keindahan waktu pagi harimu.

3. Pantai Sundak

Spot sunrise selanjutnya di Pantai Sundak, yang terkenal karena dua buah batu raksasa mengimpit pantai tersebut. Untuk mendapatkan foto terbaik, pemandangan matahari terbit di pantai ini dapat menjadi pilihannya.
ADVERTISEMENT

4.Pantai Krakal

Selain Pantai Sundak, pilihan lainnya ada Pantai Krakal, dengan pemandangan tebing yang cantik, ombak, beserta ikan hias air laut. Cocok dikunjungi bersama keluarga, teman ataupun yang ingin camping juga.

5.Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo menjadi tempat yang cukup menantang bagi yang suka hiking. Untuk menyaksikan sunrise di sini, kamu harus mendaki kurang lebih 286 anak tangga. Daya tarik selain sunrise, yaitu terdapat tiga buah pendopo dan Patung Bathara Guru.
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan lima spot sunrise di Gunung Kidul terbaik, yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ketika sedang liburan, atau ingin mencari tempat untuk melihat pemandangan matahari terbit. Selamat bersenang-senang. (fq)