5 Tempat Wisata di Sumedang dengan Taman yang Cantik dan Unik

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
18 Mei 2024 14:26 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Tempat Wisata di Sumedang.  Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Zhisheng Deng
zoom-in-whitePerbesar
Tempat Wisata di Sumedang. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Zhisheng Deng
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, Sumedang ternyata banyak memiliki tempat wisata yang bagus dan menarik. Bahkan ada beberapa tempat wisata di Sumedang dengan rasa negeri dongeng dan pemandangan alam yang menakjubkan.
ADVERTISEMENT
Menariknya lagi harga tiket masuk tempat-tempat tersebut masih terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu ada banyak wahana yang cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

5 Tempat Wisata di Sumedang dengan Taman yang Estetik dan Menarik

Tempat Wisata di Sumedang. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Serghei Adam / Unsplash
Bosan liburan ke kota dan ingin menemukan suasana alam pegunungan yang indah, tetapi masih kekinian dan layak untuk diabadikan di media sosial? Tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata di Sumedang dengan taman yang estetik dan unik.
Tidak hanya ada Jatinangor National Flower Park, beberapa taman lainnya juga patut dijadikan bahan referensi untuk liburan akhir pekan. Di bawah ini informasi selengkapnya.

1. Jatinangor National Park (Jans Park)

Jatinangor National Flower Park berada di Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain menyuguhkan pemandangan indah pegunungan Manglayang, di sini ada banyak sekali spot foto estetik dan instagenic.
ADVERTISEMENT
Pengunjung dapat merasakan suasana ala negeri dongeng dengan banyak bangunan seperti kastil dan taman bunga berwarna-warni. Menariknya lagi, tersedia juga banyak wahana seru seperti kora-kora, bianglala, bombom car, istana balon, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dikutip dari laman jatinangornasionalpark.com, jam bukanya yakni pukul 08.00-17.00 WIB saat weekdays dengan HTM Rp30.000 dan pukul 08.00-18.00 WIB untuk weekend dengan HTM Rp40.000 per orang.

2. Toga Hills

Tempat wisata ini berada di Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Resort di perbukitan ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan banyak spot foto estetik.
Bahkan jika malam hari taman di tempat tersebut akan semakin cantik karena kerlap kerlip lampu hias. Selain itu wisatawan bisa melihat pemandangan kota di malam hari dari atas bukit, mencoba wahana paralayang, berburu kuliner, dan bermain bersama anak di playground yang tersedia.
ADVERTISEMENT
Untuk HTM masih terjangkau yakni sekitar Rp10.000 per orang. Sedangkan jam buka mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB untuk hari biasa dan akhir pekan serta hari libur nasional tutup lebih lama yaitu hingga pukul 22.00 WIB.

3. Eco Park Kampung Karuhun

Ingin liburan di wisata alam yang sejuk dan asri tetapi banyak spot foto yang unik dan instagenic? Datang saja ke Eco Park Kampung Karuhun.
Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp30.000 saja pengunjung bisa mendapatkan pengalaman liburan yang seru. Mulai dari camping, berenang, river tubing, ATV, outbond, hingga berburu kuliner.
Untuk anak-anak juga sudah disediakan kebun binatang mini. Sedangkan jam operasionalnya biasanya dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
Alamat: Jl. Pagarbetis, Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT

4. Taman Seribu Cahaya

Terletak di Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, taman yang satu ini juga memiliki pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.
Di puncak bukit wisatawan bisa melihat Bendungan Jatigede, banyak spot foto menarik, bahkan camping untuk menyaksikan panorama matahari terbit dan terbenam yang memukau.
Tersedia juga tempat bermain anak, restoran, gazebo, flying fox, gantole, dan jembatan melingkar yang estetik. Untuk tiket masuk hanya dikenai biaya sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000 per orang. Sedangkan jam operasional mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

5. Cisoka Eco Green Park

Wisata yang mirip puncak Bogor ini ada di Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain bisa menemukan view pegunungan dan perkebunan teh yang asri, wisatawan juga akan disuguhkan dengan danau buatan, spot selfie yang menarik, dan air terjun mini.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan informasi dari akun Instagram resminya @cisokaecogreenpark, jam buka wisata yang satu ini yaitu hari Senin - Minggu pukul 08.00-17.00 WIB. Sedangkan tarif masuknya sangat terjangkau karena hanya dibanderol dengan harga Rp5.000 saja.
Itulah tadi beberapa informasi seputar tempat wisata di Sumedang dengan taman-taman yang cantik dan menarik. Tidak hanya berkonsep alam, taman-taman tersebut banyak juga yang menghadirkan konsep kekinian dengan banyak spot foto yang instagramable. (nov)