Konten dari Pengguna

5 Tempat Wisata di Tarakan, Hidden Gem dan Antimainstream

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
11 Juli 2024 14:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat wisata di Tarakan. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Tempat wisata di Tarakan. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tempat wisata di Tarakan yang hidden gem dan antimainstream wajib dikunjungi bersama keluarga atau teman yang menyukai petualangan. Tarakan merupakan salah satu kota di Kalimantan Utara yang memiliki keindahan alam yang masih belum banyak dieksplorasi dan berbeda dari biasanya.
ADVERTISEMENT
Tarakan menyimpan banyak potensi wisata yang belum banyak dieksplorasi oleh wisatawan. Setiap tempat menawarkan pengalaman yang berbeda dan menarik, berikut rekomendasi tempat wisata di Tarakan sebagai pertimbangan liburan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Tarakan Hidden Gem

Menurut buku Jelajah Hidup Tanpa Batas, Budy Sugandi (2018:153), ada banyak objek wisata di Tarakan yang menawarkan berbagai keindahan dan kesejukan yang harus dijelajahi. Tarakan memilki banyak wisata yang menawarkan pengalaman unik dan berbeda.
Di balik kehidupan sehari-hari yang sibuk, kota ini menyimpan keindahan alam dan kekayaan budaya yang menanti untuk dieksplorasi. Berikut ini rekomendasi tempat wisaya di Tarakan yang hidden gem dan antimainstream.

1. Pulau Sapi

Pulai sapi terletak di sebelah utara Tarakan yang merupakan destinasi yang cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami. Pulai ini terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan air lautnya yang jernih.
ADVERTISEMENT
Wisatawan dapat menikmati kegiatan snorkeling atau sekedar bersantai menikmati keindangan panorama laut yang memesona.
Alamat: Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

2. Hutan Mangrove Tarakan

Hutan Mangrove Tarakan menawarkan pengalaman wisata alam yang unik dengan menjelajahi dalamnya hutan yang luas. Wisatawan dapat menikmati jalur trekking yang dilengkapi dengan jembatan kayu yang menghubungkan antara pohon-pohon mangrove.
Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan burung-burung dan satwa liar yang ada di hutan ini sepanjang jalan.
Alamat: Karang Rejo, Tarakan Barat, Karang Rejo, Kec. Tarakan Bar., Kota Tarakan, Kalimantan Utara

3. Air Terjun Karungan

Lokasi wisata ini ada di wilayah Tarakan Timur. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis binatang dan kebun buah.
Di masa mendatang, kebun ini diproyeksikan dapat dipanen oleh pengunjung dengan membayar harga setiap kilonya. Sayangnya tempat ini belum ada transportasi umum, sehingga harus membawa mobil pribadi atau menyewa.
ADVERTISEMENT
Alamat: Karungan, Mamburungan Utara, Tarakan Timur, Tarakan.

4. Kebun Raya Anggrek Tarakan

Tempat wisata ini masih terletak di Tarakan Timur, berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan kendaaraan sewa selama kurang lebih 10 menit.
Kebun anggrek menawarkan keindahan dari berbagai jenus anggrek, bunganya dijual untuk masyarakat luas, bahkan diproyeksikan diimpor ke berbagai negara.
Alamat: Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

5. Bukit Bangkirai

Bagi yang menyukai alam dan petualangan, bukit Bangkirai tidak boleh terlewatkan. Terletak di dalam Taman Nasional Bukit Bangkirai, tempat ini terkenal dengan jembatan gantung yang melintasi kanopi hutan tropis yang lebat.
Wisatawan dapat melakukan trekking, hiking, dan menikmati keindahan alam yang masih alami sambil menyegarkan mata dan pikiran.
Alamat: Karya Merdeka, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Utara.
ADVERTISEMENT
Demikian rekomendasi tempat wisata di Tarakan yang hidden gem dan antimainstream. Semoga rekomendasi ini dapat membantu mempertimbangkan tempat yang ingin dikunjungi di Tarakan. (DIA)