5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja Saat Liburan Bersama Keluarga

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
9 September 2023 14:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Afif Ramdhasuma
zoom-in-whitePerbesar
Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Afif Ramdhasuma
ADVERTISEMENT
Ketika sedang berlibur, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi di Jogja. Tempat-tempat ini tentunya sudah terkenal di kalangan turis lokal maupun turis asing.
ADVERTISEMENT
Para wisatawan tidak akan pernah bosan untuk kembali lagi ke kota ini. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata di Jogja sangat beragam mulai dari wisata alam, wisata edukasi, dan wisata kulinernya.

Rekomendasi Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Tempat yang Wajib Dikunjungi di Jogja. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Jauzax
Tempat-tempat di Jogja ini sangat kekinian dan cocok ditangi di saat liburan. Berikut tempat yang wajib dikunjungi di Jogja yang aesthetic dan populer

1. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo, Kawasan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 07.00–18.00 WIB. Para pengunjung dapat masuk ke tempat ini secara gratis.
Gumuk Pasir merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang cukup unik karena jarang dijumpai di tempat lain. Padang pasir ala Yogyakarta ini bisa digunakan sebagai tempat bermain sandboarding dan berfoto.
ADVERTISEMENT

2. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran berlokasi di Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya di banderol dengan harga Rp15.000.
Wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin uji nyali melalui teras yang alas lantainya terbuat dari kaca transparan. Tentunya butuh keberanian untuk dapat berjalan di atas ketinggian sambil melihat deburan ombak dari Pantai Nguluran di balik kaca.

3. Pinus Pengger Dlingo

Pinus Pengger Dlingo berlokasi di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 08.00–21.00 WIB. Harga tiket masuknya di banderol dengan harga Rp3.000.
Tempat wisata di Jogja yang satu ini sangat populer karena memiliki banyak spot foto. Terdapat sekitar belasan spot berfoto yang berlatarkan pemandangan alam Yogyakarta.
ADVERTISEMENT

4. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 09.00–15.00 WIB. Harga tiket masuknya di banderol dengan harga Rp5.000
Taman Sari awalnya merupakan tempat pemandian bagi sultan dan para permaisurinya. Karena sudah tidak digunakan lagi, tempat ini menjadi lokasi wisata Jogja yang banyak dikunjungi karena memiliki arsitektur yang unik.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan berlokasi di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka mulai dari pukul 06.30–16.00 WIB. Harga tiket masuknya di banderol dengan harga Rp40.000.
Dikutip dari buku Liburan Murah Meriah di Jogja, Gagas Ulung (2013: 8), candi-candi yang ada di sekitar Jogja berusia ribuan tahun. Candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan-kerajaan besar zaman dahulu.
ADVERTISEMENT
Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Candi ini menjadi spot foto instagramable yang wajib untuk diabadikan.
Itulah rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi di Jogja yang aesthetic dan populer. Cocok dikunjungi saat liburan keluarga di akhir pekan atau libur panjang. (Gin)