5 Tips agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
14 Januari 2023 18:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Tips agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung, Foto Unsplash/Toomas Tartes
zoom-in-whitePerbesar
Tips agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung, Foto Unsplash/Toomas Tartes
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang semakin diminati saat ini. Inilah beberapa tips agar nafas kuat saat naik gunung yang harus kamu ketahui.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, meskipun dapat dilakukan oleh semua kalangan, aktivitas ini terlalu banyak memiliki risiko salah satunya yaitu kelelahan. Rasa lelah atau nafas terasa sesak pasti akan dirasakan pada saat mendaki.
Mengutip dari buku yang berjudul Aktivitas Rekreasi Kebugaran dal Luar Sekolah yang ditulis oleh Drs Aming Supriatna, mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang berorientasi di alam terbuka dan mendaki ke tempat yang lebih tinggi merupakan tujuan utama aktivitas olahraga ini.

Tips agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung

Tips agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung, Foto Unsplash/Ashley Knedler
Nah, buat kamu yang penasaran dengan tips nafas kuat saat naik gunung, Jendela Dunia akan memberikan informasinya untuk kamu melalui ulasan berikut ini. Simak terus ulasannya ya.
ADVERTISEMENT

1. Rutin Olahraga

Kamu dapat melakukan olahraga secara rutin, karena dengan olahraga dapat melatih semua otot dan pernapasan. Contoh olahraga sederhana untuk melatih pernapasan kamu yaitu dengan lari yang bisa kamu lakukan pada pagi atau sore hari.

2. Posisikan Tas Carrier

Posisi saat menggendong tas carrier juga sangat penting unutk diperhatikan bagi pendaki pemula. Karena semakin berat beban yang kamu bawa, tenaga kamu pun akan cepat terkuras. Posisikan tas carrier senyaman mungkin dan usahakan sesuaikan berat tas carrier sesuai dengan kondisi tubuh kamu.

3. Jangan Terlalu Sering Beristirahat

Di saat mendaki, hindari melakukan istirahat yang terlalu sering. Bukannya mendapatkan energi kembali, kamu akan merasa sangat lelah dan akan mengakibatkan tubuh terasa malas dan tidak bersemangat jika kamu sering beristiirahat.

4. Mengatur Pernapasan

Saat proses pendakian, mengatur pernapasan adaalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal yang dapat kamu lakukan adalah kamu dapat bernapas lewat mulut. Di saat kondisi sulit, ambillah napas dari hidung kemudian keluarkan secara pelan-pelan.
ADVERTISEMENT

5. Mengatur Langkah

Selain pernapasan, kamu juga harus mengatur langkah kamu. Agar tidak cepat lelah, usahakan lebar kaki stabil dan hindari untuk melangkah yang terlalu lebar. Di saat melangkah di jalur pendakian, kamu dapat melangkah dengan tempo yang sedang.
Demikianlah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pernapasan kamu saat pendakian. Semoga bermanfaat ya bagi pendaki pemula.