5 Tips Liburan Hemat di Singapura untuk Keluarga

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
24 Juli 2023 16:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips liburan hemat di Singapura. Sumber: Unsplash/Sergio Sala
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips liburan hemat di Singapura. Sumber: Unsplash/Sergio Sala
ADVERTISEMENT
Tips liburan hemat di Singapura bisa dijadikan satu cara agar dapat menikmati waktu di luar negeri dengan pengeluaran ramah di kantong. Sebab itu, wisata di Kota Singa pun dapat tetap berjalan dan tabungan tetap terkontrol dengan baik.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari FINANCIAL TIPS FOR MOM, Rara Radyanti, dkk (2018:48), hidup hemat bukan berarti pelit melainkan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan ini, para wisatawan yang berlibur dapat memilah apa saja yang dibutuhkan pada saat berlibur ke Singapura.

Tips Liburan Hemat di Singapura

Ilustrasi tips liburan hemat di Singapura. Sumber: Unsplash/Hu Chen
Tips liburan hemat di Singapura menjadi hal yang harus dilakukan agar saat kembali dari liburan uang simpanan masih terjaga. Berikut merupakan tips yang bisa dilakukan agar pengeluaran tetap hemat saat liburan.

1. Andalkan Transportasi Umum

Saat berlibur ke Singapura akan lebih baik memilih transportasi umum sebagai andalan. Sebab taksi di sana tarifnya bahkan jauh lebih tinggi dibanding di Indonesia. Untuk mendapatkan transportasi umum, pengunjung dapat menggunakan peta sebagai panduannya.
Peta di Kota Singa ini bisa didapatkan langsung saat tiba di Changi Airport atau pelabuhan Harbourfront. Jika ingin lebih praktis pengunjung dapat mencari peta secara daring melalui smartphone. Di dalam peta inilah biasanya terdapat informasi rute transportasi umum.
ADVERTISEMENT

2. Memilih Destinasi Ramah Budget

Wisata di Singapura tidak melulu menghabiskan biaya yang besar. Bagi pengunjung yang ingin menekan budget berlibur pada destinasinya, berikut ini tujuan yang bisa didatangi secara cuma-cuma.

3. Pilih Penginapan yang Tepat

Jika pergi bersama keluarga pastinya membutuhkan tempat penginapan dengan kapasitas yang besar dan luas. Supaya tidak perlu pesan banyak kamar di hotel sehingga pengeluaran membengkak, ada baiknya untuk memilih hostel sebagai penginapan alternatif.
Hostel merupakan kamar berbagi yang biasanya terdapat ranjang susun sehingga memuat lebih banyak orang. Selain hostel, penginapan motel juga bisa jadi andalan. Memang tidak terlalu eksklusif namun tetap mendapat kenyamanan saat beristirahat.

4. Wisata kuliner Anti Kantong Jebol

Saat berlibur tidak akan terlepas dari makanan. Untuk itu sambil liburan dan mengisi perut pengunjung dapat berwisata kuliner dengan harga yang masih aman di dompet.
ADVERTISEMENT
Hawker Center adalah jawaban untuk kuliner khas Singapura yang hemat di kantong. Tidak hanya itu, tujuan lain yang bisa dikunjungi yaitu FoodJunction untuk menikmati makanan populer negara ini yaitu Hainan Chicken Rice.

5. Bawa Tempat Minum Ke Mana Pun

Pergi ke negara Merlion ini bukanlah hal yang aneh jika membawa tempat minum ke mana saja saat pergi. Di Singapura terdapat kran minum di berbagai tempat umum yaitu stasiun MRT, bandara, dan taman. Hal ini bisa menghemat pengeluaran sebab air mineral di sana dijual dengan harga Rp.10.000-Rp.25.000 per botolnya.
Itulah sederet tips liburan hemat di Singapura yang cocok untuk dilakukan saat berlibur bersama keluarga agar pengeluaran tidak membengkak. Semoga perjalanan wisata ke Kota Singa menjadi lebih ramah kantong dan menyenangkan. (NIS)
ADVERTISEMENT