5 Tips Liburan ke Bali dengan Seru dan Hemat

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
25 Desember 2023 10:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Tips Liburan ke Bali, Foto Unsplash/Link Hoang
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Liburan ke Bali, Foto Unsplash/Link Hoang
ADVERTISEMENT
Sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu libur ke Pulau Dewata, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu beberapa tips liburan ke Bali dengan seru dan hemat. Bali menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati waktu libur.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Kebudayaan dan Pariwisata Bali, Reni Widiastuti, (2020:24), Bali merupakan salah satu tempat wisata yang sangat unik dan menarik di indonesia. Hampir semua pantainya merupakan objek wisata bahari dan perkampungan wisata yang menyediakan kebutuhan wisatawan.
Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bali. Selain wisata alam, Bali juga mempunyai banyak wisata buatan, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Tips Liburan ke Bali

Ilustrasi Tips Liburan ke Bali, Foto Unsplash/Toa Heftiba
Bagi wisatawan pemula yang sedang mencari tips-tips liburan ke Bali, jangan khawatir. Berikut adalah deretan tips liburan ke Bali dengan seru dan hemat.

1. Membuat Rencana Perjalanan

Sebelum pergi berlibur, hal yang penting dilakukan adalah membuat rencana perjalanan wisata. Rencana perjalanan tersebut berisi berapa hari berlibur, transportasi berangkat dan pulang, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan tempat menginap selama di Bali.
ADVERTISEMENT

2. Pilih Waktu yang Tepat

Selain membuat rencana perjalanan, menentukan waktu berlibur yang tepat juga menjadi hal yang penting. Jika ingin berhemat, sebaiknya hindari berkunjung di musim liburan atau akhir pekan. Selain penuh wisatawan, harga tiket, penginapan, hingga sewa kendaraan biasanya akan lebih mahal.

3. Tentukan Jalur Transportasi

Tips selanjutnya yaitu menentukan jalur transportasi yang akan digunakan. Apabila ingin lebih hemat, dapat memilih jalur darat dengan bus atau kereta. Lalu, naik kapal feri dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

4. Buat Rincian Anggaran

Jika sudah menentukan jalur transportasi yang akan digunakan, selanjutnya adalah membuat rincian anggaran serta memisahkan dana setiap kebutuhan. Dengan begitu dapat membantu dalam mengontrol pengeluaran untuk hal tidak perlu.
Rincian anggaran ini mulai dari budget untuk transportasi, akomodasi, biaya makan, tiket wisata, sewa kendaraan, beli oleh-oleh, dan biaya tidak terduga.
ADVERTISEMENT

5. Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari

Tips terakhir agar liburan lebih hemat adalah melakukan pemesanan tiket dari jauh hari. Karena biasanya akan mendapatkan harga promo untuk pemesanan tiket dan akomodasi.
Seringlah memeriksa harga tiket.Ketika sedang ada diskon, maka segera lakukan pemesanan sehingga pengeluaran liburan pun lebih hemat.
Kelima tips liburan ke Bali di atas bisa membantu wisatawan pemula agar terhindar dari masalah, sehingga liburan akan tetap seru dan aman. (Eln)