5 Tips Liburan ke Bali Murah dan Menyenangkan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
28 Desember 2023 16:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Liburan ke Bali Murah, Foto Unsplash/Harry Kessell
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Liburan ke Bali Murah, Foto Unsplash/Harry Kessell
ADVERTISEMENT
Bali adalah salah satu tempat impian wisatawan untuk menghabiskan waktu libur. Sebelum berkunjung ke Pulau Dewata ini, alangkah baiknya jika mengetahui beberapa tips liburan ke Bali murah dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Kebudayaan dan Pariwisata Bali, Reni Widiastuti, (2020:24), Bali merupakan salah satu tempat wisata yang sangat unik dan menarik di Indonesia. Hampir semua pantainya merupakan objek wisata bahari dan perkampungan wisata yang menyediakan kebutuhan wisatawan.

Tips Liburan ke Bali Murah dan Menyenangkan

Ilustrasi Liburan ke Bali Murah, Foto Unsplash/Guillaume Marques
Berikut merupakan beberapa tips liburan ke Bali murah dan menyenangkan untuk pemula.

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Hal pertama yang harus disipakan adalah rencana perjalanan atau itinerary. Rencana perjalanan tersebut berisi mulai dari waktu keberangkatan, lama waktu liburan, tempat wisata yang ingin dikunjungi hingga akomodasi untuk menginap di Bali.

2. Bawa Barang Secukupnya

Setelah membuat rencana perjalanan, maka akan memudahkan dalam menyiapkan barang yang akan dibawa. Usahakan untuk membawa barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya membawa pakaian yang sesuai dengan tempat wisata yang akan dikunjungi.
ADVERTISEMENT

3. Pilih Waktu yang Tepat

Hal penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat. Untuk pemula yang ingin liburan ke Bali murah, sebaiknya hindari berkunjung di musim liburan atau akhir pekan. Selain penuh wisatawan, harga tiket, penginapan, hingga sewa kendaraan biasanya akan lebih mahal.

4. Sewa Kendaraan

Untuk mendapatkan liburan murah, maka bisa menyewa kendaraan untuk menjelajahi Pulau Dewata. Cara ini bisa dilakukan jika ingin lebih leluasa bergerak, lebih hemat, dan jangka waktu liburan terbilang panjang.
Sementara itu, untuk liburan singkat, dapat menggunakan taksi atau transportasi online.

5. Buat Rincian Anggaran

Hal berikutnya adalah membuat rincian anggaran dan memisahkan dana setiap keperluan. Rincian biaya ini mulai dari bujet untuk transportasi, akomodasi, biaya makan, tiket wisata, sewa kendaraan, beli oleh-oleh, dan biaya tidak terduga.
ADVERTISEMENT
Dengan membuat rincian anggaran, maka bisa mengontrol pengeluaran untuk hal tidak perlu.
Beberapa tips liburan ke Bali murah dan menyenangkan tersebut bisa dicoba agar mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. (Eln)