Konten dari Pengguna

6 Spot Sunrise di Dieng yang Paling Instagenic

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
17 September 2022 17:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gunung Prau spot sunrise di Dieng ,  foto oleh Indra Anggara di Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Prau spot sunrise di Dieng , foto oleh Indra Anggara di Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dieng menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer akhir-akhir ini. Banyak wisatawan yang juga berburu spot sunrise di Dieng, dikarenakan di sana memang banyak tempat-tempat yang cocok untuk melihat keindahan sunrise ataupun sunset.
ADVERTISEMENT
Jika kamu masih belum tahu di mana saja tempat yang paling instagenic untuk berburu golden sunrise Dieng, jangan lewatkan pembahasan kali ini.

6 Spot Sunrise di Dieng yang Paling Instagenic

Sikunir, Foto oleh Ade Chrisnadhi di Unsplash

1. Bukit Sikunir

Bukit ini memang terkenal memiliki spot sunrise di Dieng yang indah dan memanjakan mata wisatawan. Waktu terbaik untuk menyaksikan golden sunrise Sikunir yakni pada musim kemarau di antara bulan Juli-Oktober.
Mengutip laman disparbud.wonosobokab.go.id, lokasi bukit ini ada di sebelah timur Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

2. Gunung Prau

Gunung ini merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati sunrise di Dieng. Puncaknya berupa padang rumput indah nan luas, sehingga juga sangat pas untuk camping.
Dari puncak gunung ini kamu juga bisa melihat gunung lain seperti Gunung Sindoro Sumbing dan Merapi. Tinggi gunung ini mencapai 2565 mdpl.
ADVERTISEMENT

3. Gunung Pakuwaja

Gunung Pakuwaja terletak di sebelah selatan Bukit Si Kunir dengan ketinggian sekitar 2.410 mdpl. Di sini juga merupakan tempat yang sangat pas untuk berburu golden sunrise Dieng.

4. Bukit Skoter

Letak bukit ini kurang lebih hanya 15 menit dari Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kamu bisa menangkap keindahan sunrise yang instagenic atau melihat perkampungan Dieng dari atas bukit ini.

5. Gardu Pandang Tieng

Lokasi gardu ini ada di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Di sini kamu bisa menikmati keindahan sunrise tanpa perlu bersusah-susah mendaki gunung atau bukit. Tinggi gardu ini mencapai kurang lebih 1789 mdpl.

6. Batu Ratapan Angin

Selain menikmati sunrise di sini wisatawan juga akan disuguhkan keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang terlihat instagenic jika dilihat dari ketinggian. Lokasinya ada di Jl. Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Nah, dari keenam spot sunrise di Dieng yang indah tadi, kira-kira mana nih yang paling ingin kamu kunjungi? Jangan lupa siapkan fisik dan bekal yang cukup jika hendak ke sana, mengingat medannya yang cukup menantang. (novi)