6 Tempat Wisata di Madiun yang Lagi Hits

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
18 Mei 2022 19:41
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Tempat Wisata di Madiun yang Lagi Hits (17037)
zoom-in-whitePerbesar
Tempat Wisata di Madiun yang Lagi Hits, foto:pixabay.com/berpergian
ADVERTISEMENT
Mencari tempat wisata yang sedang hits? Salah satu kota yang bisa kamu kunjungi yaitu Madiun. Di kota Madiun ini juga terdapat banyak tempat wisata yang sedang hits.
ADVERTISEMENT
Potensi wisata di kota Madiun
Sebelum mebahas mengenai rekomendasinya, berikut akan dijelaskan sekilas mengenai potensi wisata di Madiun. Mengutip dari Customer-Centric Strategy Pengembangan Pariwisata Daerah Di Kabupaten Madiun, Nunik Hariyani. (2019:4) Kabupaten Madiun memiliki lima potensi wisata yang bernuansa/berlatar belakang keindahan alam.
Pertama, wisata alam antara lain Air Terjun Slampir, Wana Wisata Grape, Air Terjun Kedung Malem Seweru, Air Terjun Denu, Air Terjun Seloaji, Air Terjun Kedung Jaran, Air Terjun Coban Kromo dan Air Terjun Banyu Lawe.
Kedua, Wisata Buatan meliputi Waduk Bening Widas, Waduk Saradan, Waduk Dawuhan, Waduk Kedungbrubus, Waduk Notopuro dan Madiun Umbul Square.
Ketiga, Wisata Religi yaitu Makam KH. Basyariah, Makam/Punden Lambang Kuning, Makam Kuncen (Kyai Anom Besari Keturunan Raden Wijaya), Makam Syech Maulana Abdullah, Masjid Agung dan Makam Desa Sewulan.
ADVERTISEMENT
Keempat, Wisata Sejarah antara lain Candi Wonorejo, Prasasti Mruwak, Prasasti Sejarah Kebonsari, Prasasti Bribik, Situs Nglambangan dan Monumen Kresek. Kelima,
Wisata Minat Khusus meliputi Industri Brem, Wisata Berburu di Agrowisata PT. Perkebunan Kopi Kondangan.

6 Tempat Wisata di Madiun yang Lagi Hits

Nah, banyak sekali potensi tempat wisata yang indah di Madiun ini. Berikut adalah rekomendasi tenpat wisata di Madiun yang lagi hits dan bisa menjadi tempat berlibur yang menyenangkan untukmu.

1. Gunung Wilis

Gunung Wilis menjadi salah satu gunung yang masuk ke bagian wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo dan Trenggalek. Gunung ini juga memiliki ketinggian yang mencapai 2.169 mdpl.
Gunung Wilis pernah menjadi jalur alternatif pasukan gerilya yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman pada saat hendak melakukan serangan umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. Sehingga gunung ini menjadi populer sebagai tempat wisata yang bersejarah sekaligus memikliki pemandangan alam yang indah.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga, di daerah gunung ini kamu akan menemukan keindahan air terjun saat yang tingginya mencapai 400 mdpl. Tempat ini merupakan spot wisata yang akan membuat kamu jatuh cinta dengan Kota Gadis (Madiun).
Lokasi wisata gunung Wilis tepatnya berada di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

2. Air Terjun Seweru

Air terjun ini berada di Gunung Wilis dengan Ketinggian air terjun Seweru mencapai 400 mdpl, di air terjun ini kamu akan menemukan kolam di bawahnya sebagai tempat penampungan air. Luas lokasi wisata air terjun Seweru mencapai 6 hektar.
Dengan lokasi sebagai berikut tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

3. Waduk Bening Widas Saradan

Destinasi wisata yang ada di Madiun ini salah satunya yaitu, Waduk Bening Widas Saradan yang merupakan tempat favorit bagi masyarakat setempat. Terutama untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga.
ADVERTISEMENT
Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini di antaranya memancing, menaiki perahu dan camping ceria. Lokasi wisata Waduk Bening Widas Saradan tepatnya berada di Waduk Widas, Setren, Saradan, Madiun, Jawa Timur. Untuk harga tiket masuk dipatok seharga Rp 7.500 per orang.

4. Waduk Notopuro

Destinasi wisata selanjutnya yaitu, Waduk notopuro. Waduk Notopuro ini difungsikan sebagai sarana irigasi untuk pengairan sawah. Namun kini Waduk Notopuro dimodifikasi menjadi spot wisata Madiun yang selalu dipadati pengunjung khususnya penduduk setempat.
Waktu yang tepat untuk menikmati keindahannya yaitu saat matahari terbit atau yang sering disebut dengan sunrise. Lokasi wisata Waduk Notopuro tepatnya berada di Desa Duren, Dusun Notopuro, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

5. Wisata Alam Pesanggrahan

Destinasi wisata yang kelima ini yaitu wisata alam Pesanggrahan. Wisata alam yang satu ini berada di lereng gunung wilis sehingga memiliki spot foto yang indah dan instagramable untuk kalian yang suka membagikan foto-foto di media sosial.
ADVERTISEMENT
Lokasi wisata Alam Pesanggrahan tepatnya berada di Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa tengah.

6. Sun City & Theme Park

Dan yang terakhir yaitu destinasi wisata bernama Sun City & Theme Park. Destinasi wisata Sun City & Theme Park merupakan tempat rekreasi keluarga di Madiun. Wahana permainan menarik menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal seperti Kidds Pool, Wave Pool dan juga Olympic.
Fasilitas yang ada di tempat wisata ini yaitu area parkir kendaraan, mushola, MCK, wahana permainan anak, wahana air, restoran dan tempat shoping. Lokasi wisata Sun City & Theme Park tepatnya berada di Jalan Slamet, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Tengah.
Sedangkan untuk harga tiket masuknya dipatok seharga Rp 25.000 per orang.
ADVERTISEMENT
Bagaimana sudah ada tempat yang menarik untuk kamu kunjungii di Madiun ini? Deretan tempat di atas bisa menjadi rekomendasi berlibur kamu di Madiun nih. Selain tempatnya yang lagi hits juga memiliki pemandangan yang indah dan menyenangkan.(Ai)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020