7 Fakta Diskon Tarif Tol Lebaran 2023

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
12 April 2023 15:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi diskon tarif tol lebaran 2023. Sumber: www.pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi diskon tarif tol lebaran 2023. Sumber: www.pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari raya sudah dekat, beberapa fakta diskon tarif tol Lebaran 2023 sudah mulai terinfo. Menurut unggahan akun Instagran Jasa Marga @official.jasamarga, diskon ini adalah bentuk pelayanan dan apresiasi Jasa Marga kepada pengguna jalan tol.
ADVERTISEMENT
Apa saja fakta yang ada? Silakan simak ulasannya pada artikel ini.

7 Fakta Diskon Tarif Tol Lebaran 2023

Ilustrasi diskon tarif tol lebaran 2023. Sumber: www.pexels.com
Inilah 7 fakta diskon tarif tol Lebaran 2023 yang menarik untuk diketahui.

1. Tarif Tol Jakarta-Cikampek Diskon 20%

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon 20% tarif di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Pemberian diskon tarif tol ini dapat memaksimalkan distribusi lalu lintas agar tidak terjadi penumpang di satu ruas tol.

2. Hanya Berlaku di 2 Gerbang Tol

Diskon tarif tol 20% hanya berlaku di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

3. Tanggal Pemberlakuan Diskon Tarif Tol

Periode pemberlakuan diskon tarif tol 20% di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu pada Minggu, 16 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Selasa, 18 April 2023 pukul 06.00 WIB.
ADVERTISEMENT

4. Pemilihan Waktu Pemberlakuan Diskon Tarif Tol

Diskon tidak diberikan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik.
Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (KM 66) akan jatuh pada H-3 atau pada Rabu, 19 April 2023, yaitu sebesar 138 ribu kendaraan. Sementara untuk puncak arus balik Jasa Marga memprediksi terjadi pada H+2 atau pada Selasa, 25 April 2023, yaitu sebesar 178 ribu kendaraan.

5. Kompensasi Jika Ada Perbaikan Jalan Tol

Pemberian diskon tarif tol merupakan inisiatif dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai kompensasi apabila jalan tolnya tengah mengalami perbaikan atau yang menggangu kenyamanan pengguna tol.

6. Diskon Berlaku untuk Transaksi Non Tunai

Mengutip dari unggahan Instagram Jasa Marga, @official.jasamarga, diskon ini hanya diberikan bagi pengguna uang elektronik.
ADVERTISEMENT

7. Tarif Tol Trans Sumatera diskon 20%

PT Hutama Karya (Persero) turut memberikan diskon tarif tol Trans Sumatera sebesar 20% selama mudik Lebaran 2023 dan arus baliknya. Adapun diskon tersebut berlaku di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi-Kayu Agung.
Sebagai pengguna jalan, tentu kamu harus memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan. Di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik untuk membayar tol dan BBM.
Semoga informasi fakta diskon tarif tol lebaran 2023 ini bermanfaat untuk kamu yang akan mudik lebaran menggunakan kendaraan. Pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan baik, ya. Mari bersiap mudik! (VAN)