7 Makanan Khas Bulukumba, Sulawesi Selatan untuk Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
29 Januari 2024 19:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makanan khas Bulukumba. Sumber: La Ode Saleh Fahrun R / Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makanan khas Bulukumba. Sumber: La Ode Saleh Fahrun R / Kumparan
ADVERTISEMENT
Bulukumba merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain terdapat tempat wisata yang menarik di sana juga ada makanan khas Bulukumba yang terkenal enak dan unik.
ADVERTISEMENT
Makanan tersebut ada yang berupa camilan ringan, ada juga berupa makanan berat seperti soto dan bubur. Semuanya memiliki cita rasa tersendiri. Beberapa makanan masih sering dijumoai di acara tradisional, seperti upacara adat atau pesta pernikahan.

7 Pilihan Makanan Khas Bulukumba untuk Wisatawan

Ilustrasi Makanan khas Bulukumba. Sumber: Muh Naufal Ghaly Al Ghifari / Kumparan
Makanan khas Bulukumba di Sulawesi Selatan yang akan direkomendasikan untuk wisatawan kali ini adalah coto kuda, barobo, kue uhu-uhu, dan lain sebagainya. Di bawah ini ulasan lengkapnya.

1. Coto Kuda

Jika pergi ke Bulukumba, jangan lupa menikmati makanan khas yang enak dan unik ini. Namanya coto kuda karena memang memakai daging kuda untuk bahannya. Soto ini juga biasanya disantap dengan lontong atau ketupat. Soto kuda bisa dinikmati wisatawan karena dagingnya lebih tinggi protein dan rendah lemak.
ADVERTISEMENT

2. Barobo

Mengutip laman bulukumbakab.go.id, barobo merupakan bubur berbahan jagung. Bubur tersebut akan semakin enak jika dimakan bersama dengan lauk ikan asin, kacang, dan berbagai sayuran lain. Makanan khas orang Bulukumba ini harganya juga terjangkau yakni sekitar Rp13.000 - Rp20.000 per porsi.

3. Uhu - Uhu

Kue uhu-uhu terbuat dari adonan tepung yang kemudian dibentuk jaring-jaring dan dilumuri gula merah jika sudah digoreng matang. Rasanya gurih dan manis dan cocok dijadikan buah tangan karena termasuk awet.

4. Kapurung

Makanan ini mirip papeda karena bahan dasarnya menggunakan sagu yang dicampur air panas hingga teksturnya menjadi seperti lem. Setelah itu dicampur bersama sup ikan yang asam dan gurih serta ditambah sayuran yang menyehatkan.

5. Bandang-Bandang

Kue ini terbuat dari buah pisang, tepung beras, dan juga santan kelapa yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasa santannya lebih gurih dan tepungnya juga pas dengan rasa manis buah pisang. Namun kue ini memang tidak tahan lama jadi sebaiknya langsung dimakan di tempat.
ADVERTISEMENT

6. Dumpi Eja

Kue khas Suku Kajang ini terbuat dari campuran beras ketan dan gula merah. Teksturnya terasa lembut dan kenyal serta manis dilidah. Perlu diketahui kue ini umumnya disajikan ketika ada kegiatan adat, pernikahan, atau upacara adat setempat.

7. Juku Karra'

Juku karra’ atau juku tapa ini merupakan ikan yang sudah dipotong lalu diasap kurang lebih 12 jam lamanya. Ikan asap yang rasa gurih serta sedikit asin ini juga pas dimakan dengan nasi hangat ataupun lontong. Makanan ini juga cocok untuk dijadikan buah tangan karena tergolong tahan lama.
Itulah tadi sekilas informasi seputar makanan khas Bulukumba yang bisa dijadikan pilihan untuk wisatawan ketika sedang berkunjung ke sana. Makanan tersebut ada yang tahan lama ada juga yang hanya bisa disantap langsung di rumah makan setempat. (nov)
ADVERTISEMENT