7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Hits

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
30 Juli 2022 20:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rekomendasi oleh oleh khas cilacap, Foto: Google street view
zoom-in-whitePerbesar
Rekomendasi oleh oleh khas cilacap, Foto: Google street view
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika kamu sedang jalan-jalan ke Kota Cilacap jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh untuk membeli aneka camilan khas kota ini. Jika bingung mau membeli apa sebaiknya baca dulu beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap yang akan kami bahas pada tulisan kali ini.
ADVERTISEMENT
Cilacap memiliki beberapa tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi. Selain itu juga mempunyai beberapa sentra pembelian oleh-oleh. Mengutip laman pkl-kominfo.cilacapkab.go.id, tempat membeli oleh-oleh tersebut antara lain :

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Cilacap Paling Hits

Toko oleh oleh khas cilacap, Foto: Google street view
Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap yang paling hits dan wajib kamu coba.

1. Abon Ikan Tuna

Jika kamu biasanya menikmati abon sapi, saatnya mencoba rasa baru yakni abon ikan tuna. Rasanya lezat jika dimakan berbarengan dengan nasi putih hangat. Apalagi kandungan gizi ikan tuna cukup bagus bagi tubuh. Abon ini bisa kamu beli pada kisaran harga Rp45.000 ke atas.
ADVERTISEMENT

2. Kerupuk Ikan Tengiri

Kerupuk dengan rasa ikan tengiri yang kuat dan gurih ini cocok untuk masuk daftar belanja kamu saat ingin membeli oleh-oleh khas Cilacap. Kerupuk ini juga pas dijadikan camilan atau toping makanan berkuah seperti bakso dan soto.
Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh Sari Rasa atau toko-toko lainnya yang ada di Cilacap. Harganya sekitar Rp15.000 saja.

3. Keripik Sukun

Keripik sukun juga menjadi makanan khas Cilacap yang akan susah kamu temui di kota-kota ngapak lainnya. Keripik ini memang terbuat dari buah sukun yang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga garing.
Dengan harga mulai dari Rp15.000 saja, kamu bisa menikmati gurihnya keripik sukun.

4. Keripik Tempe

Keripik tempe juga banyak dijajakan di pusat oleh-oleh Cilacap. Selain gurih keripik tempe juga bergizi, sangat cocok untuk kudapan ataupun lauk makan siangmu. Kamu bisa memilih aneka bentuk keripik mulai dari kotak dengan tepung, atau bundar tanpa tepung.
ADVERTISEMENT

5. Saleh Pisang

Oleh-oleh khas Cilacap ini terbuat dari pisang yang diiris tipis dan dibalut tepung lalu digoreng hingga garing. Rasanya manis dan gurih serta banyak varian yang tersedia.
Saleh juga banyak dijual di toko-toko atau pusat oleh-oleh.

6. Lanting

Camilan tradisional ini selalu awet dari masa ke masa dan masih saja banyak peminatnya. Bahan lanting yakni singkong yang dibentuk lingkaran lalu digoreng hingga garing dan gurih.

7. Ikan Asin

Dikarenakan banyak pantai di Cilacap sehingga olahan ikan asin mudah sekali ditemukan di sini. Kamu bisa membelinya mengingat ikan asin Cilacap memiliki cita rasa khasnya sendiri.
Apalagi harganya yang sangat terjangkau membuat oleh-oleh yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.
Nah itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cilacap yang cukup dikenal wisatawan. Jadi kamu sudah tidak bingung lagi kan ingin membeli buah tangan apa?(Novi)
ADVERTISEMENT