7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 15:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilusrasi 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023. Unsplash/Jeshhot.com.
zoom-in-whitePerbesar
ilusrasi 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023. Unsplash/Jeshhot.com.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, Lebaran sangat identik dengan mudik. Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mencari tahu tips persiapan mudik Lebaran 2023 agar bisa tiba di kampung halaman dengan selamat.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mudik sendiri berarti pulang ke kampung halaman. Namun sebelum melaksanakan mudik, ada baiknya jika mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023

ilusrasi 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023. Unsplash/Anete Lusina.
Bagi yang akan melaksanakan mudik, berikut ada 7 tips persiapan mudik Lebaran yang bisa dijadikan referensi agar dapat pulang ke kampung halaman dengan hemat, aman, dan nyaman.

1. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Pastikan bahwa rencana selama di perjalanan telah direncanakan dengan baik, seperti waktu, rute dan moda transportasi yang akan digunakan dalam perjalanan mudik nanti. Apabila mudik bersama keluarga, maka sebaiknya diskusikan perjalanan bersama-sama.

2. Selesaikan Tugas-tugas Penting sebelum Mudik

Agar rencana berjalan, pastikan kamu menyelesaikan urusan-urusan penting sebelum jadwal mudik. Kalau pekerjaan penting selesai, urus cuti tambahan bisa lebih mudah dan mudik di kampung bisa jadi tenang.
ADVERTISEMENT

3. Kirim Barang yang Bisa Dikirim Via Ekspedisi

Kalau kamu ingin perjalanan yang ringkas tanpa dibebani barang-barang bawaan, kamu bisa pilah barang yang mungkin untuk dikirim via jasa ekspedisi sebelum mudik. Saat mudik nanti, cukup bawa barang-barang penting saja.

4. Susunan Anggaran

Buat sedetail mungkin, termasuk dana cadangan dan dana. Selain digunakan untuk membeli tiket perjalanan dan kebutuhan selama mudik, duit anggaran ini juga tentunya akan dipakai untuk berbagi rezeki ketika di kampung halaman.

5. Pastikan Tiket Aman

Beli tiket sejak jauh hari, kamu bisa membeli tiket sejak H-60. Kalau tiket sudah di tangan, mudik bisa tenang.

6. Jaga Kesehatan

Agar di kampung halaman tetap prima, jaga kesehatan kamu, ya! Disarankan juga untuk melakukan olahraga sebelum mudik, sehingga tubuh tetap bugar dan fit selama perjalanan.

7. Ketahui Rute Perjalanan

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, mengetahui rute perjalanan mudik juga merupakan hal penting, sehingga pemudik bisa memprediksi area peristirahatan atau posko mudik terdekat.
ADVERTISEMENT
Itulah dia 7 tips persiapan mudik lebaran 2023 yang bisa dijadikan referensi. Selamat mudik Lebaran!