Air Terjun Benang Kelambu, Surga Tersembunyi di Lombok Tengah

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 14:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Air Terjun Benang Kelambu, foto hanya ilustrasi bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Tanya Nevidoma
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Benang Kelambu, foto hanya ilustrasi bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Tanya Nevidoma
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lombok memiliki beragam wisata alam yang sangat indah dan memesona, salah satu yang sangat populer yakni Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini merupakan air terjun unik yang ada di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Air terjun di bawah kaki Gunung Rinjani ini telah menjadi destinasi wisata wajib bagi para wisatawan yang datang ke Lombok Tengah. Hal tersebut dikarenakan destinasi wisata ini memiliki keindahan tersembunyi bak surga dunia.
Wisatawan yang datang ke objek wisata ini akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang menakjubkan. Suasana dan udara yang sejuk di lokasi air terjun juga membuat wisatawan yang datang menjadi nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini.

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu, foto hanya ilustrasi bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Christian Joudrey
Berlokasi di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Air Terjun Benang Kelambu memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan air terjun pada umumnya. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terlihat seperti benang kelambu yang menjuntai ke bawah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs jadesta.kemenparekraf.go.id, Benang Kelambu termasuk dalam 15 air terjun terunik di dunia versi On The Spot. Air terjun ini menjadi ikon wisata Lombok Tengah karena hanya ada dua di dunia.
Keindahan air terjun ini semakin memesona dengan pemandangan alam di sekitar lokasi. Air yang jatuh dari celah semak-semak menambah kesan eksotik objek wisata ini.
Tidak seperti kebanyakan air terjun, air terjun di tempat ini tidak turun secara deras, melainkan akan jatuh seperti rintik hujan. Air terjun di tempat ini juga berlapis-lapis mengalir dari satu tempat ke tempat lainnya.
Untuk mencapai air terjun utama, wisatawan harus menaiki anak tangga yang cukup banyak. Bagi wisatawan yang tidak ingin berlelah diri ke puncak, bisa memilih untuk bersantai di kolam buatan yang berada di lokasi.
ADVERTISEMENT
Kolam buatan tersebut langsung terisi oleh air terjun yang mengalir dari pusat utama. Wisatawan bisa merendam kaki di tepi kolam sambil menikmati suasana sejuk dan suara gemericik air yang berasal dari air terjun.

Rute, Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu, foto hanya ilustrasi bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Intricate Explorer
Untuk bisa sampai ke tempat ini, wisatawan bisa menggunakan bypass dari Bandara Internasional Lombok yang berjarak 55 kilometer. Jika menggunakan rute ini, wisatawan akan tiba di objek wisata dalam waktu 1 jam.
Wisatawan yang berada di Kota Mataram dapat menggunakan jalur timur dari Narmada menuju di Kecamatan Batukliang utara. Waktu tempuh yang akan dihabiskan wisatawan jika menggunakan rute ini sekitar 45 menit.
Wisatawan yang telah tiba di tempat ini bisa wajib membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.
ADVERTISEMENT
Untuk sepeda motor, pengelola mengenakan biaya parkir sebesar Rp2.000. Bagi wisatawan yang menggunakan mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.
Wisatawan yang telah berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu akan memperoleh kenangan tak terlupakan. Mengajak teman dan sahabat akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. (IND)