Konten dari Pengguna

Air Terjun Sikulikap, Wisata Alam Populer di Berastagi

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
10 Juni 2024 14:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Air Terjun Sikulikap. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Florian Giorgio
zoom-in-whitePerbesar
Air Terjun Sikulikap. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Florian Giorgio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berastagi sering dikunjungi sebagai destinasi wisata. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang berada di ketinggian, sehingga mempunyai udara sejuk dan disukai oleh para wisatawan. Ada juga beragam wisata menarik di sana, seperti Air Terjun Sikulikap.
ADVERTISEMENT
Tempat wisata ini cukup populer. Bahkan ulasannya telah mencapai ribuan. Hal ini membuat banyak wisatawan yang mengunjunginya saat liburan tiba.

Daya Tarik Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Aditya Hermawan
Berastagi adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Karo. Menurut web.karokab.go.id, kabupaten di Sumatra Utara ini mempunyai luas 2.127 kilometer persegi dan berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh.
Berastagi terkenal akan potensi wisatanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam tempat wisata populer, seperti Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini populer karena mempunyai bermacam-macam daya tarik sebagai berikut.

1. Alam yang Indah

Tempat wisata ini berada di daerah pegunungan. Hal ini membuat para wisatawan akan menyaksikan alam yang indah dari ketinggian saat menuju ke sana. Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang masih asri.
ADVERTISEMENT

2. Cocok untuk Berkemah

Jika satu hari tak cukup untuk menikmati tempat ini, para wisatawan bisa berkemah. Dengan berkemah, keasrian alam di sekitar air terjun dapat dinikmati di malam harii.

3. Bisa Melihat Owa

Hutan di sekitar air terjun ini merupakan habitat alami dari owa. Owa sendiri adalah hewan primata berwarna abu-abu. Jadi, para wisatawan bisa melihatnya saat mengunjungi tempat ini.
Selain owa, hewan-hewan lain juga bisa dilihat di sini. Misalnya adalah burung, kupu-kupu, dan tupai.

4. Alirannya Deras

Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter dengan aliran yang cukup deras. Hal ini membuat deburan air yang jatuh dapat terdengar dari kejauhan dan bisa menenangkan hati. Hati-hati karena aliran tersebut akan semakin deras di musim hujan.

5. Ada Warung

Bermacam-macam warung makanan bisa ditemukan di sini sehingga tak perlu khawatir saat merasa lapar. Makanan yang disajikan pun beraneka ragam. Misalnya adalah jagung bakar.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sikulikap, para wisatawan bisa datang ke Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Jam bukanya dimulai dari pukul 08.30 hingga 22.00 WIB. (LOV)