Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Banua Banjarbaru dan Harga Tiketnya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
20 April 2023 13:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kebun Raya Banua Banjarbaru. Sumber: unsplash.com/Veronica Reverse
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kebun Raya Banua Banjarbaru. Sumber: unsplash.com/Veronica Reverse
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada alternatif wisata alam yang tidak membutuhkan banyak tenaga dan biaya, yaitu wisata ke kebun raya. Jika kebetulan kamu ada di Banjarbaru, coba lihat informasi mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Banua Banjarbaru dan harga tiketnya dalam artikel ini!
ADVERTISEMENT

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Banua Banjarbaru

Ilustrasi Kebun Raya Banua Banjarbaru. Sumber: unsplash/Ignacio Correia
Menurut Buku Cerdas Belajar Biologi karya Oman Karmana (2007:151), kebun raya merupakan upaya pelestarian alam secara ex situ (upaya pemindahan habitat tanaman untuk menjaganya dari kepunahan). Kebun tersebut merupakan kebun botani yang mengoleksi berbagai jenis tumbuhan.
Kebun Raya Banua Banjarbaru terletak di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Tepatnya di Jl. Aneka Tambang, Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Berikut ini informasi mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Banua Banjarbaru.

1. Foto dengan Spesies Tanaman Unik

Ada ratusan jenis tanaman yang dikoleksi Kebun Raya Banjarbaru di mana beberapa di antaranya sangat unik dari segi bentuk dan tidak dijual bebas di luar sana. Sehingga mengabadikan momen dengan tumbuhan tersebut adalah momen yang spesial.
ADVERTISEMENT

2. Belajar Botani

Karena Kebun Raya Banua Banjarbaru adalah sebuah tempat konservasi tumbuhan yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), maka kamu bisa belajar botani di sini. Ada banyak hal menarik yang bisa menambah pengetahuan dan membuka wawasan kamu ketika petugas LIPI menjelaskan tentang tumbuhan di sini.

3. Berkeliling Kebun Raya

Kebun Raya Banua Banjarbaru memiliki area lahan yang sangat luas dengan ratusan spesies tumbuhan yang dirawat di sana. Aktivitas yang tak kalah seru yang bisa dilakukan di sini adalah mengelilingi kebun raya yang cantik ini.
Tak hanya ada tumbuhan, di sini juga disediakan tempat duduk, ayunan, sampai fasilitas untuk berkeliling dengan sepeda maupun kereta-keretaan. Dijamin tidak akan bosan.

4. Menikmati Makanan di Cafetaria

Di Kebun Raya Banua Banjarbaru disediakan cafetaria yang menjual aneka makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Kamu bisa makan dan minum di sini setelah puas berkeliling kebun raya.
ADVERTISEMENT

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Banua Banjarbaru 2023

Untuk bisa masuk ke Kebun Raya Banua Banjarbaru, para pengunjung dipatok tarif tiket sebesar Rp20.000 per orang baik saat weekdays maupun weekend. Kebun Raya Banua Banjarbaru buka setiap hari pada siang hingga sore hari saja.
Demikianlah informasi mengenai aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Raya Banua Banjarbaru dan harga tiketnya. (IMA)