Apa Arti Check-In? Apa Bedanya dengan Check-Out?

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
4 Mei 2023 14:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa arti check-in? Sumber: Unsplash/Helena Lopes
zoom-in-whitePerbesar
Apa arti check-in? Sumber: Unsplash/Helena Lopes
ADVERTISEMENT
Apa arti check-in dan bagaimana perbedaannya dengan check-out? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak saat mendengar kedua istilah ini dalam berbagai situasi. Baik itu saat menginap di hotel, naik pesawat, atau bahkan saat bekerja, istilah check-in dan check-out sering digunakan dan memiliki makna yang berbeda tergantung pada konteksnya.
ADVERTISEMENT
Dalam artikel ini, akan dibahas apa arti check in dan bedanya dengan check out dalam beberapa konteks, dengan fokus di dunia traveling. Tujuannya agar mudah dipahami penggunaan dan makna dari check-in dan check-out dalam berbagai situasi.

Apa Arti Check-In?

Apa arti check-in? Sumber: Unsplash/Nick Fewings
Jadi, apa arti check-in? Sebenarnya, dalam konteks yang luas, istilah "check-in" bisa memiliki beberapa arti atau penggunaan yang berbeda, tergantung pada situasi. Berikut ini beberapa contoh di dunia traveling.

1. Perhotelan

Check-in merujuk pada proses ketika seseorang tiba di hotel atau penginapan dan mendaftarkan diri untuk menginap. Dalam konteks ini, check-in melibatkan penyerahan identitas, pembayaran, dan menerima kunci kamar.

2. Penerbangan

Dikutip dari buku Kupas Tuntas Penerbangan, oleh Pepen Pendi (2016: 145) dijelaskan bahwa check-in dalam penerbangan adalah lapor diri atau proses pelaporan penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara di terminal keberangkatan bandara.
ADVERTISEMENT

3. Lainnya

Selain ada dalam istilah perhotelan dan penerbangan, check-in ternyata juga dikenal di dunia kerja dan kesehatan mental.
Dalam dunia kerja, check-in bisa merujuk pada proses pemantauan kemajuan proyek atau tugas yang sedang dikerjakan. Misalnya, manajer mungkin akan melakukan "check-in" dengan anggota tim untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan untuk memberikan dukungan atau saran jika diperlukan.
Sementara, dalam konteks kesehatan mental, check-in bisa berarti menilai keadaan emosional dan psikologis seseorang, baik secara pribadi maupun melalui pertemuan dengan seorang profesional. Ini dapat membantu mengidentifikasi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi seseorang dan mencari dukungan atau sumber daya yang diperlukan.
Jadi, istilah "check-in" bisa memiliki arti yang berbeda tergantung pada situasi dan konteksnya.
ADVERTISEMENT

Apa Bedanya dengan Check-Out?

"Check-out" juga memiliki beberapa arti atau penggunaan yang berbeda, tergantung pada situasi dan konteksnya. Berikut ini beberapa contoh perbedaan antara check-in dan check-out di dunia traveling.

1. Perhotelan

Check-out adalah proses ketika seseorang mengakhiri masa menginap mereka di hotel atau penginapan. Biasanya, ini melibatkan pengembalian kunci kamar, pembayaran tagihan yang belum dibayar (jika ada), dan konfirmasi bahwa tidak ada kerusakan atau biaya tambahan yang perlu ditanggung.
Check-in adalah awal dari masa menginap, sedangkan check-out adalah akhirnya.

2. Penerbangan

Dalam penerbangan, istilah "check-out" jarang digunakan. Biasanya, proses yang setara dengan check-out adalah saat penumpang meninggalkan pesawat dan mengambil bagasi mereka setelah mendarat di tujuan.
Namun, proses ini lebih sering disebut sebagai "deboarding" atau "disembarking" daripada "check-out".
ADVERTISEMENT

3. Lainnya

Selain di dunia perhotelan dan penerbangan, check-out juga sering digunakan di perpustakaan, yang berhubungan dengan proses peminjaman dan pengembalian buku atau materi lainnya. Check-out adalah ketika seseorang meminjam buku atau materi, sementara check-in adalah ketika mereka mengembalikannya.
Secara umum, perbedaan utama antara check-in dan check-out adalah bahwa check-in biasanya merujuk pada proses atau tindakan memulai sesuatu, seperti menginap di hotel, bekerja, atau menggunakan suatu layanan, sedangkan check-out adalah proses atau tindakan mengakhiri atau menyelesaikan penggunaan tersebut.
Setelah membaca artikel ini, sekarang pastinya sudah ada pemahaman yang lebih baik tentang apa arti check-in dan check-out, serta bagaimana dan kapan penggunaannya dengan benar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya. (CAR)
ADVERTISEMENT