Bukit Sidoguro Klaten, Destinasi Wisata Alam yang Hits dan Instagramable

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
20 April 2024 12:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bukit Sidoguro Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Mike Enerio.
zoom-in-whitePerbesar
Bukit Sidoguro Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/Mike Enerio.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Klaten menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu di antaranya yakni Bukit Sidoguro Klaten, destinasi wisata alam yang hits dengan berbagai spot foto instagramable.
ADVERTISEMENT
Tempat wisata ini berada di bukit batu karst pada ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan laut. Tak hera, di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam berupa hamparan perbukitan dan pepohonan yang hijau.

Sekilas tentang Bukit Sidoguro Klaten

Bukit Sidoguro Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Sergio Sala.
Bukit Sidoguro Klaten menjadi salah satu destinasi wisata yang hampir tak pernah sepi oleh pengunjung. Hal ini tak lepas dari sejumlah daya tarik yang dimiliki, berikut beberapa di antaranya.

1. Menikmati Pemandangan Alam dari Gardu Pandang

Destinasi wisata ini memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Apalagi terdapat gardu pandang yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat perbukitan yang mengelilinginya.
Tak hanya itu, pemandangan juga akan semakin indah dengan adanya empat pohon buatan di puncak bukit, yang dibangun dengan konsep mirip Garden By The Bay Singapura. Tentu saja, gardu pandang ini menjadi spot favorit di destinasi wisata ini.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa naik ke puncak bukit ini, pengunjung harus mendaki dengan melalui jalan yang lumayan terjal. Namun Meski begitu, rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan sekitar yang dilihat selama perjalanan menuju puncak.

2. Spot Foto yang Instagramable

Di bukit ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam spot foto yang unik dan instagramable. Puncak Bukit Sidoguro sudah ditata sedemikian rupa hingga terlihat indah dan mempesona.
Saat tiba di puncak, pengunjung dapat melihat taman kecil yang memiliki jalur menjuntai. Lokasinya taman tersebut tepat berad di tengah-tengah empat replika Supertree Grove.
Pengunjung bisa berswafoto di ujung jalur dengan pemandangan replika supertree grove. Selain itu terdapat spot foto atap yang menyerupai bunga, gazebo kecil dengan atap berbentuk unik, rumah keong dan masih banyak lagi yang lainnya.
ADVERTISEMENT

3. Spot Terbaik Menikmati Sunset dan Sunrise

Bukit Sidoguro menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam ini secara jelas dari atas puncak bukit ini.
Sebaiknya datang ke tempat wisata ini saat cuaca cerah, agar pengunjung bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan kamera.

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Bukit Sidoguro Klaten

Bukit Sidoguro Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Dawid Zawiła.
Dikutip dari laman resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id, Bukit Sidoguro berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Alun-Alun Klaten sekitar 7,7 km dengan waktu tempuh sekitar 17 menit dengan berkendara.
Untuk bisa menikmati keindahan dari destinasi wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau yakni Rp5.000 per orang. Sementara untuk tarif parkir yakni Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, bukit cantik di Klaten ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya termasuk hari libur nasional. Untuk jam operasionalnya, destinasi wisata ini buka dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.
Itulah informasi mengenai Bukit Sidoguro Klaten. Semoga bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang seru untuk menghabiskan waktu bersama sahabat maupun keluarga tercinta. (IND)