Cara ke Dieng dari Wonosobo Naik Mobil dan Motor

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2022 16:42 WIB
waktu baca 3 menit
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
cara ke dieng dari wonosobo. sumber foto : unsplash/keriliwi.
zoom-in-whitePerbesar
Perjalanan ke Dieng dapat ditempuh dari beberapa rute, misalnya dari Banjarnegara, Pekalongan dan Wonosobo. Bahkan sekarang kamu bisa melewati Tol Kahyangan Bawang ke Dieng. Berikut ini cara ke Dieng dari Wonosobo naik motor dan mobil lengkap dengan rutenya.
Bersumber dari buku 300 Wonderful Destinations oleh Merinda, M. F (2017) menyebutkan pengunjung bisa menginap di Wonosobo agar lebih mudah ke Dieng, dengan naik pesawat atau kereta api ke Yogyakarta, kemudian sewa mobil ke Wonosobo.

Cara ke Dieng dari Wonosobo Naik Mobil dan Motor

cara ke dieng dari wonosobo. sumber foto : unsplash/falaq lazuardi.
Beberapa transportasi dapat kamu gunakan seperti kendaraan roda dua, atau menyewa mobil. Jendela Dunia merangkum informasi rute dan cara ke Dieng dari Wonosobo dalam uraian berikut.

1. Kabupaten Wonosobo

Salah satu rute perjalanan menuju Dieng yaitu Wonosobo, karena kebanyakan termasuk salah satu kecamatan di Kabupaten Wonosobo, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.
Wonosobo merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, kabupaten yang terkenal akan kulinernya, seperti mie ongklok merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kabupaten Wonosobo (kotakreatif.kemenparekraf.go.id).

2. Desa Dieng

Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di desa di kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tidak heran jika sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi hawa sejuk, pemandangan gunung yang menakjubkan.
Di dataran tinggi Dieng, dikutip dari (indonesia.go.id) terdapat bentang alam seperti gunung, perbukitan, dan hamparan lembah. Semuanya bertengger di 2.000 meter dari permukaan laut. Batas sisi Utara terlihat Gunung Prau, sisi Barat-Utara ada Gunung Jimat dan Gunung Bismo pada ujung Tenggara.

3. Cara ke Dieng Dari Wonosobo Naik Mobil

Kamu bisa menggunakan mobil untuk menuju ke Dieng, jarak tempuh sekitar 24 - 30 kilometer. Estimasi waktu yang diperlukan sekitar 50 menit sampai 1 jam saja, pilih mobil yang dapat melewati tanjakan ekstrim seperti Innova, Fortuner dan lainnya.
Rute perjalanan dari Kabupaten Wonosobo, lewat jalan i Jl. Resimen 18 menuju Jl. Ps. II, belok kiri ke Jl. Girimargo, lurus terus di Jl. Bismo, belok kanan ke Jl. Beteng Sari, belok kiri lagi ke Jl. Pemuda, lurus terus ke Jl. Pangeran Diponegoro dan kamu sudah sampai di Dieng.

4. Cara ke Dieng Dari Wonosobo Naik Motor

Selain mobil, pengunjung atau wisatawan juga menggunakan motor untuk pergi ke Dieng dari Kabupaten Wonosobo. Namun, gunakan motor seperti CBR, Ninja, Suzuki GSX dan lainnya, tidak disarankan dengan motor matic.
Rute perjalanan apabila naik motor tidak berbeda jauh dengan naik mobil, dari dari Kabupaten Wonosobo, belok kiri ke Jl. Girimargo, belok kanan ke Jl. Beteng Sari, belok kiri lagi ke Jl. Pemuda, lurus terus ke Jl. Pangeran Diponegoro dan kamu sudah sampai di Dieng.
Demikian ulasan mengenai cara ke Dieng dari Wonosobo dengan kendaraan roda dua dan empat.(Fiqa)