Konten dari Pengguna

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online lewat HP dengan Praktis

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
29 Februari 2024 20:27 WIB
·
waktu baca 7 menit
clock
Diperbarui 19 Maret 2024 17:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara pesan tiket kereta api online lewat HP. Unsplash/Haidan
zoom-in-whitePerbesar
Cara pesan tiket kereta api online lewat HP. Unsplash/Haidan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mendapatkan tiket kereta api untuk bepergian tidak hanya bisa dilakukan dengan membelinya di stasiun, tetapi juga secara online melalui HP. Cara pesan tiket kereta api online lewat HP juga praktis dan mempermudah calon penumpang untuk mendapatkan tiket.
ADVERTISEMENT
Kereta api menjadi transportasi umum andalan untuk bepergian bagi banyak orang. Oleh karena itu, memiliki tiket sebelum bepergian adalah hal yang wajib dilakukan oleh calon penumpang. Seiring perkembangan zaman, mendapatkan tiket kereta api juga bisa dilakukan secara online tanpa perlu pergi jauh ke stasiun.
Cara ini memudahkan calon penumpang untuk mendapatkan tiket, terutama bagi penumpang yang tidak bisa pergi langsung ke stasiun. Terdapat beberapa cara mudah untuk bisa membeli tiket secara online, baik melalui aplikasi dan situs resmi KAI maupun aplikasi pembelian tiket lainnya.

4 Aplikasi dan Situs Pembelian Tiket Api Secara Online

Cara pesan tiket kereta api online lewat HP. Unsplash/Jonas Leupe
Setidaknya terdapat empat aplikasi dan situs yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan tiket kereta api secara online.
ADVERTISEMENT
Keempat aplikasi dan situs ini bisa diakses melalui HP sehingga memudahkan calon penumpang untuk melakukan pembelian. Berikut adalah aplikasi dan situs pembelian tiket yang bisa diakses:

1. Situs Web KAI

Pertama ada situs web resmi KAI di alamat www.booking.kai.id. Situs resmi ini bisa diakses melalui peramban yang ada di HP untuk mendapatkan tiket kereta api secara resmi.
Calon penumpang bisa memilih jadwal keberangkatan hingga kelas kereta yang diinginkan untuk tiba di kota tujuan.

2. Aplikasi Access by KAI

Selanjutnya ada aplikasi Access by KAI yang memberikan kemudahan bagi para calon penumpang kereta api.
Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui App Store bagi pengguna dengan sistem operasi iOS dan di Google Play Store bagi pengguna HP dengan sistem operasi Android.
ADVERTISEMENT
Melalui aplikasi ini calon penumpang bisa melakukan pembelian tiket dengan mudah, kapan pun dan di mana pun tanpa harus terburu-buru dan berdesakan di loket.
Aplikasi ini juga memungkinkan calon penumpang untuk melakukan pembatalan pembelian maupun mengubah jadwal perjalanan.

3. Aplikasi tiket.com

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan tiket kereta api secara online adalah tiket.com. Tiket.com merupakan perusahaan agen perjalanan online yang berbasis aplikasi dan situs web sehingga bisa diakses melalui HP ataupun PC.
Calon penumpang kereta api bisa mendapatkan tiket melalui aplikasi ini dengan mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu di App Store ataupun Google Play Store. Dengan aplikasi ini calon penumpang bisa membeli tiket kereta api secara resmi.

4. Aplikasi Traveloka

Traveloka juga bisa jadi pilihan aplikasi lainnya untuk digunakan sebagai tempat pembelian tiket kereta api secara online.
ADVERTISEMENT
Sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara, Traveloka menyediakan akses untuk pembelian tiket berbagai moda transportasi, termasuk kereta api.
Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi Traveloka bisa diunduh secara gratis melalui App Store ataupun Google Play Store di HP. Aplikasi ini memungkinkan calon penumpang kereta api untuk membeli tiket dan memilih jadwal keberangkatan sesuai yang diinginkan.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online lewat HP

Cara pesan tiket kereta api online lewat HP, foto hanya ilustrasi: Pexels/SHVETS production
Setelah mengetahui aplikasi dan situs apa saja yang bisa digunakan untuk mendapatkan tiket kereta api secara online, maka mengetahui cara pembelian di setiap aplikasi juga penting dilakukan.
Berikut adalah cara pesan tiket kereta api online lewat HP yang bisa dilakukan dengan praktis sebagai panduan:

1. Pembelian Tiket Kereta Api di Situs Web KAI

Cara pertama adalah melakukan pembelian di situs web KAI. Situs ini bisa diakses melalui peramban yang ada di HP. Berikut tata cara lengkapnya yang bisa diikuti:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

2. Pembelian Tiket Kereta Api di Aplikasi Access by KAI

Cara selanjutnya adalah pembelian tiket kereta api melalui aplikasi Access by KAI. Aplikasi ini merupakan tempat pembelian tiket secara online yang paling memudahkan penumpang. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT

3. Pembelian Tiket Kereta Api di Aplikasi tiket.com

Cara pesan tiket kereta api online lewat HP berikutnya adalah melalui aplikasi tiket.com. Caranya tidak berbeda jauh dari aplikasi sebelumnya yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

4. Pembelian Tiket Kereta Api di Aplikasi Traveloka

Terakhir adalah pembelian tiket secara online melalui aplikasi Traveloka. Sebelum itu, pastikan aplikasi Traveloka telah tersedia di HP. Jika sudah, berikut tata cara lengkapnya yang bisa diikuti sebagai panduan pembelian tiket:
ADVERTISEMENT
Bagi penumpang yang telah berhasil melakukan pembelian tiket secara online, maka pada hari keberangkatan bisa menunjukkan e-boarding pass yang ada pada aplikasi kepada petugas.
Nantinya akan ada mesin scanner yang memindai QR Code tersebut sehingga penumpang bisa masuk ke dalam peron.
Setelah mengetahui cara pesan tiket kereta api online lewat HP, kini pembelian tiket untuk bepergian akan jadi lebih mudah. Cukup melakukan pemesanan tiket melalui HP, calon penumpang sudah bisa mendapatkan tiket dan bepergian dengan aman dan nyaman. (PRI)