Curug Citiis: Keindahan Tersembunyi di Antara Gunung Guntur dan Gunung Gede

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 2:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Curug Citiis. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
zoom-in-whitePerbesar
Curug Citiis. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, Curug Citiis menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini berada pada ketinggian 1000 MDPL, di antara dua lanskap berbeda: Gunung Guntur dan Gunung Gede.
ADVERTISEMENT
Air terjun ini berfungsi sebagai batas alami antara kedua gunung tersebut, dengan air yang mengalir dari Gunung Guntur melalui dua sumber mata air. Satu mata air dingin mengalir ke Curug Citiis, sementara mata air panas mengalir ke kawasan Cipanas.

Daya Tarik Curug Citiis Garut

Curug Citiis. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/yusup rachman
Curug Citiis menjadi daya tarik utama bagi pengunjung, terutama kaum muda dari berbagai daerah. Keindahan alamnya serta lokasi di Gunung Guntur menjadikannya rute pendakian favorit di Garut.
Nama "Citiis" berasal dari bahasa Sunda yang berarti air dingin, menggambarkan suhu air curug yang paling dingin di Garut. Konon, curug ini juga memiliki sejarah penting sebagai tempat pertemuan raja-raja dari seluruh Jawa.
Keistimewaan curug ini terletak pada kesegaran airnya dan panorama alam yang indah serta masih alami. Untuk mencapai lokasinya, bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek, atau angkutan tradisional Garut seperti delman hingga tiba di kampung Citiis. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak sepanjang sekitar 4 kilometer.
ADVERTISEMENT
Setibanya di lokasi air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang memukau. Di sini, berbagai aktivitas bisa dinikmati seperti trekking, hiking, camping, atau berfotografi. Kesegaran alam juga bisa dirasakan dengan mandi di bawah aliran air terjun yang menyegarkan.
Menurut buku Mountain Climbing for Everybody, Harley Bayu Sastha (2007: 200), suasana di sekitar curug ini menarik. Di sisinya tampak punggung Gunung Gede yang hijau dan rimbun, sedangkan di depan mata akan tampak punggung Gunung Guntur yang gersang dan gundul.

Panduan Berkunjung ke Curug Citiis

Curug Citiis. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Rachma Septia
Dengan tiket masuk seharga Rp5.000 per orang, serta biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000, Curug Citiis menjadi destinasi liburan yang terjangkau. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam, memungkinkan pengunjung menikmati keindahan alamnya kapan saja.
ADVERTISEMENT
Mengingat akses yang cukup menantang, persiapan fisik yang baik sangat disarankan. Membawa perlengkapan tambahan seperti bekal makanan dan minuman, obat-obatan, jaket, pakaian ganti, dan peralatan camping jangan sampai dilupakan.
Kamera juga penting untuk mengabadikan momen indah selama liburan di curug yang berada di Garut ini.
Walaupun aksesnya agak sulit, keindahan alam Curug Citiis menjanjikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Panorama alam yang memukau dan udara segar memberikan kesempatan untuk menikmati keajaiban alam Indonesia. (CR)