Curug Lawe Secepit: Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Ungaran

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 14:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Curug Lawe Secepit. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Mufid
zoom-in-whitePerbesar
Curug Lawe Secepit. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Mufid
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Curug Lawe Secepit menjadi salah satu destinasi eksotis di Kabupaten Kendal. Curug ini berada di dataran tinggi dan kerap diselimuti kabut yang memberikan kesan nuansa magis nan romantis.
ADVERTISEMENT
Pesona alam di sekitarnya yang tidak kalah menarik turut menambah eksotisme curug ini. Dilingkari berbagai tumbuhan, mulai dari hutan pinus yang gagah menjulang tinggi hingga tanaman perdu yang menghiasi membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri.

Menjelajahi Keeksotisan Curug Lawe Secepit

Curug Lawe Secepit. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Rafael
Dikutip dari situs resmi www.kendalkab.go.id, Curug Lawe Sicepit memiliki tinggi 20 meter. Dengan udara yang dingin dan air yang segar, kadang muncul kabut yang menjadi nilai tambah dari lokasi wisata ini.
Tebing-tebing di sekitar air terjun banyak diselimuti tanaman peredu, hutan pinus yang menjulang tinggi dan membuat mata menjadi segar. Belum lagi, aliran air di sungai terlihat jernih dan banyak batu besar berwarna putih di tengahnya.
Medannya menuju curug ini tidak sulit. Curug ini memberikan hawa dingin khas dataran tinggi. Penata tempat ini menyediakan beberapa gazebo dan bangku panjang yang bisa dimanfaatkan untuk lokasi foto.
ADVERTISEMENT
Kata lawe sendiri berasal dari kata selawe atau berarti 25. Kata ini dipilih karena diperkirakan ketinggian curug ini sekira 25 meter. Namun, ada juga yang mengatakan kata lawe berasal dari kata ngawe-awe yang berarti melambai.
Sementara secepit diambil dari nama kampung di sini sebelum berganti nama menjadi Gunungsari. Selain panoramanya yang mengagumkan, curug ini ternyata menyimpan cerita rakyat yang melekat pada tempat ini.
Konon, curug ini menjadi tempat pemandian kuda dan tali jaran sembrani. Tidak hanya itu, keajaiban alam yang ada di curug ini juga menyimpan misteri. Salah satunya adalah batu cermin yang terdapat di sekitar curug.
Uniknya, meskipun terkena guyuran air dari curug yang deras, batu cermin ini tidak pernah basah. Lokasi curug ini berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 - 17.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat sampai di lokasi ini, pengunjung membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh sekira 37 kilometer. Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan di curug ini, mulai dari berswafoto hingga camping di sekitar Curug Lawe Secepit.
Demikianlah informasi tentang Curug Lawe Secepit yang merupakan destinasi wisata menawan yang dikelilingi oleh banyak tumbuhan yang asri. (Msr)