Konten dari Pengguna

Daya Tarik dan Lokasi Air Terjun Victoria, Salah Satu yang Terbesar di Dunia

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
7 Juni 2024 14:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Daya Tarik dan Lokasi Air Terjun Victoria. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Robert Lukeman
zoom-in-whitePerbesar
Daya Tarik dan Lokasi Air Terjun Victoria. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Robert Lukeman
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun yang menjadi salah satu keajaiban dunia dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah ukurannya yang sangat besar dengan aliran air yang deras.
ADVERTISEMENT
Air terjun ini berada di tengah hutan yang masih terjaga dengan baik sehingga menambah indahnya pemandangan dari air terjun ini. Namun, untuk mencapai air terjun ini, diperlukan usaha yang ekstra.

Daya Tarik dan Lokasi Air Terjun Victoria

Daya Tarik dan Lokasi Air Terjun Victoria. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Taylor Leopold
Dikutip dari Buku Bergambar Rahasia Alam, Dwiyani Christy, (2013), Air Terjun Victoria adalah salah satu air terjun dengan ukuran terbesar yang ada di dunia. Air terjun ini berada di sungai Zambezi.
Secara administrasi, air terjun ini berada di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Berikut ini adalah beberapa daya tarik atau fakta menarik dari Air Terjun Victoria.

1. Merupakan Air Terjun Terbesar di Dunia

Salah satu daya tarik dari air terjun ini adalah ukurannya yang menakjubkan. Di mana air terjun ini memiliki ketinggian 108 meter dan lebar mencapai 1,7 kilometer. Air terjun ini merupakan salah satu yang terbesar dan paling spektakuler di planet ini.
ADVERTISEMENT
Nama lokalnya, Mosi-oa-Tunya, yang berarti "asap yang menggelegar", menggambarkan dengan sempurna bagaimana air terjun ini memancarkan suara gemuruh yang bisa didengar dari jarak yang jauh. Sementara kabut air yang dihasilkannya terlihat, seperti asap yang mengepul ke langit.

2. Berada di Hutan yang Masih sangat Terjaga

Daya tarik lainnya dari air terjun raksasa ini adalah lingkungan sekitarnya yang masih sangat terjaga dengan baik. Di mana ekosistem hutan di Taman Nasional Mosi-oa-Tunya dan Taman Nasional Air Terjun Victoria menjadi lingkungan yang sempurna untuk flora dan fauna.
Kedua taman nasional tersebut merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO sekaligus tempat untuk melindungi berbagai spesies flora dan fauna yang unik. Pengunjung dapat menyaksikan gajah, kerbau, dan berbagai jenis burung yang berkeliaran di sekitar hutan hujan yang tumbuh karena kabut air terjun.
ADVERTISEMENT

3. Devil’s Pool yang Indah dan Menantang

Salah satu pengalaman paling menarik saat mengunjungi air terjun ini adalah berenang di Devil's Pool, sebuah kolam alami yang terletak di tepi air terjun. Di sini pengunjung dapat merasakan sensasi berenang di tepi jurang, dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan tepat di depan mata.
Tentu saja aktivitas ini hanya aman dilakukan pada saat arus sungai Zambezi sedang rendah. Biasanya, antara bulan September hingga Desember.
Air Terjun Victoria merupakan salah satu destinasi wisata indah dan menakjubkan yang ada di dunia. Area sekitarnya juga menjadi lingkungan yang sempurna untuk flora dan fauna. (WWN)