Eksplorasi 4 Bukit Kapur di Indonesia Terindah untuk Alternatif Liburan Seru

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 2:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bukit kapur di Indonesia. Sumber: Unsplash/Anak Danau
zoom-in-whitePerbesar
Bukit kapur di Indonesia. Sumber: Unsplash/Anak Danau
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bukit kapur di Indonesia menawarkan keindahan alam yang unik dan menakjubkan. Tidak hanya sekadar hamparan batu putih, tetapi juga pemandangan yang memesona dengan formasi geologi yang menarik.
ADVERTISEMENT
Bukit kapur ini memberikan alternatif liburan yang berbeda dari biasanya, menawarkan pengalaman eksplorasi yang seru dan penuh petualangan.

4 Bukit Kapur di Indonesia yang Menjadi Destinasi Wisata Menarik

Mengunjungi bukit kapur di Indonesia bisa menjadi pilihan liburan yang tidak biasa. Setiap lokasi bukit kapur memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya layak untuk dijelajahi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bukit Kapur Air Hitam

Pemandangan perbukitan kapur dengan warna putih kemerahan sangat menarik di Bukit Kapur Air Hitam. Selain itu, terdapat beberapa lembah kapur yang menambah keindahan tempat ini. Meski areanya cukup gersang dan cuaca terik, para pengunjung tetap menikmati keindahan destinasi wisata ini.
Nama Bukit Kapur Air Hitam diambil dari lokasinya yang berada di wilayah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.
ADVERTISEMENT

2. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih terletak di Kabupaten Bangkalan, Madura. Tempat ini menawarkan pemandangan unik dengan dinding kapur yang berwarna putih bersih. Selain itu, terdapat danau biru yang terbentuk dari bekas penggalian kapur. Keindahan alami ini membuat Bukit Jaddih menjadi lokasi yang sangat menarik untuk berfoto.

3. Bukit Kapur Sekapuk

Terletak di Kabupaten Gresik, Bukit Kapur Sekapuk menjadi tujuan favorit warga lokal dan wisatawan dari luar kota. Bukit ini memiliki warna putih yang kontras dengan hijaunya beberapa tumbuhan, menciptakan pemandangan yang memanjakan mata. Menariknya, Bukit Kapur Sekapuk juga masih berfungsi sebagai lokasi tambang aktif hingga saat ini.

4. Rammang Rammang

Rammang Rammang merupakan salah satu ikon pariwisata di Sulawesi Selatan. Lokasinya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros.
Rammang-rammang menawarkan pemandangan luar biasa dari pegunungan kapur yang megah dan indah. Rangkaian pegunungan kapur ini dianggap terbesar di dunia setelah Chilind di Tiongkok dan Tsingy di Madagaskar. Menurut informasi yang ada di jadesta.kemenparekraf.go.id, UNESCO telah mengakui kawasan ini sebagai salah satu situs warisan dunia.
ADVERTISEMENT
Bukit kapur di Indonesia menawarkan pengalaman liburan yang tak hanya seru, tetapi juga penuh keindahan alam. Dengan mengunjungi bukit kapur tersebut, setiap perjalanan akan menjadi petualangan yang tak terlupakan. (CR)