Info Lengkap Jadwal Operasional Ragunan Selama Libur Lebaran 2024

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:15 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jadwal operasional Ragunan selama Lebaran 2024. Unsplash.com/Long-(lTiga)-Nguyen
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jadwal operasional Ragunan selama Lebaran 2024. Unsplash.com/Long-(lTiga)-Nguyen
ADVERTISEMENT
Taman Margasatwa Ragunan terletak di Jakarta Selatan, Indonesia. Menjelang Idulfitri, informasi seputar jadwal operasional Ragunan selama libur Lebaran 2024 diperlukan untuk menjadi rujukan liburan.
ADVERTISEMENT
Ragunan merupakan destinasi memukau bagi penggemar alam dan satwa liar dengan luas melebihi 140 hektar, taman ini menawarkan pengalaman yang menantang dalam menjelajahi kekayaan alam di Indonesia.

Info Seputar Jadwal Operasional Ragunan Selama libur Lebaran 2024

Ilustrasi jadwal operasional Ragunan selama Lebaran 2024. Unsplash.com/Dimas-Handy
Menjelang libur hari raya Idulfitri, informasi seputar jadwal operasional Ragunan selama libur Lebaran 2024 banyak dicari kebanyakan orang untuk rujukan dan destinasi berlibur bersama keluarga.
Taman Margasatwa Ragunan berlokasi di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Terdapat banyak sekali keindahan alam di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta yang dapat menjadi spot menantang untuk ditelusuri. Berikut ini adalah beberapa daya tarik utama yang membuat tempat ini menjadi destinasi liburan yang istimewa:
ADVERTISEMENT

1. Keanekaragaman Satwa

Taman Margasatwa Ragunan menjadi rumah bagi lebih dari 3.600 satwa dari 270 spesies yang berbeda. Para pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan setiap spesies dalam habitatnya yang alami.
Pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam satwa, mulai dari harimau Sumatra yang langka, gajah, beruang madu, orangutan, hingga kadal komodo yang merupakan satwa endemik Indonesia.

2. Konservasi dan Pendidikan

Selain menjadi tempat rekreasi, Taman Margasatwa Ragunan juga berfungsi sebagai pusat konservasi untuk melestarikan satwa-satwa langka Indonesia.
Melalui program konservasi dan pendidikan, taman ini berusaha untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan satwa liar dan ekosistemnya.
Pengunjung memiliki kesempatan untuk belajar tentang upaya-upaya konservasi yang dilakukan di taman ini melalui berbagai fasilitas dan program pendidikan.

3. Ruang Terbuka Hijau

Taman Margasatwa Ragunan juga menawarkan ruang terbuka hijau yang luas untuk rekreasi dan relaksasi. Pengunjung dapat menikmati berjalan-jalan di sepanjang jalur-jalur yang tertata rapi sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam yang indah.
ADVERTISEMENT
Tempat ini merupakan tempat yang ideal untuk keluarga dan teman-teman berkumpul sambil menikmati piknik atau berolahraga.

4. Fasilitas Lengkap dan Rekreasi

Taman Margasatwa Ragunan dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi, termasuk area bermain anak-anak, taman rusa, dan kolam ikan.
Pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti sepeda sewa, kereta wisata, dan kuda poni untuk menjelajahi taman dengan cara yang menyenangkan.

5. Acara yang Beragam

Taman Margasatwa Ragunan juga menjadi tuan rumah untuk berbagai acara spesial, seperti pameran satwa langka, festival keanekaragaman hayati, dan kegiatan pendidikan untuk anak-anak.
Acara-acara ini semakin menambah keseruan pengalaman berkunjung ke taman ini sambil memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk lebih memahami pentingnya pelestarian alam.
Selain itu, Taman Margasatwa Ragunan juga menjadi destinasi populer saat libur Lebaran karena beberapa alasan berikut ini:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Hal ini menambah keseruan kunjungan ke taman ini dan membuatnya menjadi destinasi yang diminati selama libur.
Dengan kombinasi berbagai kegiatan rekreasi, pendidikan, dan hiburan yang tersedia, Taman Margasatwa Ragunan menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman selama libur Lebaran berlangsung.
Pengunjung yang hendak datang ke tempat ini akan menyaksikan beragam koleksi satwa yang ada. Berikut ini beberapa koleksi margasatwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta yang bisa menjadi bahan eksplorasi dan edukasi:
ADVERTISEMENT
Berbagai koleksi ini menjadi bagian dari upaya konservasi dan pendidikan publik di Taman Margasatwa Ragunan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Info Tiket, Tarif, dan Jadwal Operasional 2024

Ilustrasi jadwal operasional Ragunan selama Lebaran 2024. Unsplash.com/JavyGo
Bagi calon pengunjung yang sudah merencanakan libur lebaran ke Taman Margasatwa Ragunan, maka beberapa informasi penting berikut perlu disimak dengan seksama:

1. Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan diperinci sebagai berikut:

2. Tarif Parkir

Selain tiket masuk, berikut ini informasi seputar tarif parkir di Taman Margasatwa Ragunan:
ADVERTISEMENT

3. Penggunaan Fasilitas Wahana dan Fauna

Berikut adalah informasi seputar tarif untuk fasilitas wahana dan fauna di Taman Margasatwa Ragunan:

4. Tarif Masuk Pusat Primata Schmutzer

Berikut ini tarif masuk bagi pengunjung Taman Margasatwa Ragunan yang ingin menikmati keunikan pusat primata schmutzer.

5. Jadwal Operasional Lebaran 2024

Dikutip dari instagram resmi Taman Margasatwa Ragunan @ragunanzoo tentang rapat persiapan pelayanan pengunjung pada hari raya Idulfitri dengan beberapa instansi terkait pada 3 April 2024 jam operasional dilakukan pada hari Selasa-Minggu pukul 07.00-16.00 WIB dan libur di hari Senin atau hari libur satwa.
ADVERTISEMENT
Kemudian selama bulan Ramadan, jam operasional Taman Margasatwa Ragunan ditetapkan pada hari Selasa-Minggu pukul 07.00-15.00 WIB.
Informasi lengkap lainnya menjelang Idulfitri dapat diakses melalui website [email protected] atau menghubungi customer service di 02178847114.
Taman Margasatwa Ragunan adalah tempat yang memesona dan edukatif bagi semua orang, baik untuk bersantai bersama keluarga, belajar tentang satwa-satwa langka, atau sekadar menikmati keindahan alam Indonesia sambil berlibur.
Dengan kombinasi keanekaragaman satwa, konservasi alam, dan rekreasi, taman ini menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi pengunjung dari berbagai kalangan.
Demikian informasi jadwal operasional Ragunan selama libur Lebaran 2024 untuk referensi perjalanan bersama keluarga.