Kapan Jam Buka Keraton Yogyakarta 2022? Ini Informasinya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
12 Mei 2022 15:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kapan Jam Buka Keraton Yogyakarta 2022? Ini Informasinya, foto:kratonjogja.id/pagelaran
zoom-in-whitePerbesar
Kapan Jam Buka Keraton Yogyakarta 2022? Ini Informasinya, foto:kratonjogja.id/pagelaran
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keraton Yogyakarta menjadi salah satu wisata yang menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta. Berikut ini informasi mengenai kapan jam buka keraton Yogyakarta 2022.
ADVERTISEMENT

Sekilas Mengenai Keraton Yogyakarta

Mengutip dari Uniknya Keraton Ngayogyakarta Sebagai Daya Tarik Wisata Sejarah di Yogyakarta, Esdavina Elvandari. (2018:2) Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.
Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.
Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.
Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono Ibeberapa bulan pasca Perjanjian Giyantipada tahun 1755.Lokasi keraton.
ADVERTISEMENT

Kapan Jam Buka Keraton Yogyakarta 2022? Ini Informasinya

Untuk informasi mengenai jam buka keraton Yogyakarta ini biasanya dibuka pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00. Sedangkan untuk hari jum'at dibuka pukul 08.00 hingga pukul 12.00 saja.
Harga tiket masuk ke keraton ini juga sangat terjangkau yaitu dengan harga RP.7000 untuk wisatawan lokal. Dan Rp.12.000 untuk wisatawan mancanegara.
Dengan berkunjung ke Kraton Yogyakarta ini kita bisa menyusuri sejarah masa lalu dari kerajaan yang menempati keraton tersebut. Selain itu juga dapat melihat benda-benda bersejarah yang ada di museum Keraton Yogyakarta ini.
Di daerah Keraton ini juga ada sebuah masjid yang bernama masjid Ghedhe. Masjid ini erupakan masjid raya kesultanan yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. kompleks yang lebih dikenal dengan masjid gedhe kauman ini dikelilingi oleh dinding yang tinggi. Bangunan induk berbentuk menyerupai tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga.
ADVERTISEMENT
Itulah ulasan mengenai jam buka atau jam operasional Keraton Yogyakarta tahun 2022, yang perlu diketahui jika ingin berkunjung ke sana.(Ai)