Masjid Al-Saleh di Yaman, Masjid Megah Simbol Islam

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 14:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Daya Tarik Masjid Al-Saleh di Yaman. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Junhan Foong
zoom-in-whitePerbesar
Daya Tarik Masjid Al-Saleh di Yaman. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Junhan Foong
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masjid Al-Saleh di Yaman merupakan salah satu masjid yang berdiri megah sekaligus menjadi simbol Islam di negara tersebut. Masjid ini terkenal dengan arsitekturnya yang unik dan merupakan gabungan beberapa budaya.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa ciri khas dari masjid ini yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata religi ketika berada di Yaman. Selain itu, masjid ini juga memiliki sejarah yang sangat panjang dalam peradaban Islam.

Daya Tarik Masjid Al-Saleh di Yaman, Salah Satu Destinasi Wisata Religi yang Menarik untuk Dikunjungi

Daya Tarik Masjid Al-Saleh di Yaman. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Kai Wang
Dikutip dari buku Jalan-Jalan Ala Muslimah, Dwinda Nafisa, (2013), Masjid Al-Saleh Yaman merupakan salah satu masih megah dan kokoh yang ada di Yaman. Lokasinya berada di Sana’a Yaman.
Bangunan masjid ini merupakan mahakarya arsitektur yang menjadi simbol kekuatan Islam di Yaman. Masjid ini merupakan masjid yang dibangun sejak tahun 2008 silam dan merupakan masjid terbesar yang ada di sana.
Nama masjid ini diambil dari nama Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang menjabat pada waktu tersebut. Sebagai salah satu simbol kemegahan dan kekuatan Islam di negara ini, maka pembangunan masjid ini tidak sembarangan.
ADVERTISEMENT
Seluruh material yang digunakan pada bangunan ini merupakan material dengan kualitas terbaik. Selain itu, secara detail setiap sudutnya sangat diperhatikan dengan baik pada saat pembangunan.
Ada beberapa daya tarik dari Masjid Al-Saleh di Yaman ini. Salah satunya adalah adanya enam menara raksasa yang menjulang tinggi di pinggir masjid. Selain itu, masjid ini memiliki kubah yang besar.
Daya tarik lainnya adalah arsitekturnya yang merupakan perpaduan antara arsitektur modern dan juga tradisional Yaman sehingga menghasilkan bentuk dan desain yang memukau. Masjid ini termasuk ke dalam jajaran masjid terindah di dunia.
Kemegahan Masjid Al-Saleh tidak hanya terletak pada eksteriornya saja. Interior masjid pun tak kalah memesona. Dihiasi dengan ukiran kaligrafi yang indah, mozaik berwarna-warni, dan lampu kristal yang berkilauan, masjid ini memancarkan aura spiritualitas yang tinggi.
ADVERTISEMENT
Ruang sholat utama yang luas dapat menampung hingga 44.000 jemaah, menjadikannya tempat ibadah yang ideal untuk berbagai kegiatan keagamaan.
Masjid Al-Saleh bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga pusat pendidikan dan budaya Islam. Di kompleks masjid terdapat perpustakaan yang luas, madrasah, dan pusat studi Islam. Masjid ini juga menjadi tuan rumah berbagai acara.
Masjid Al-Saleh di Yaman adalah bukti nyata dari kejayaan Islam dan budaya Yaman. Kemegahan arsitekturnya, nilai spiritualnya yang tinggi, dan fungsinya sebagai pusat pendidikan dan budaya menjadikannya landmark penting bagi umat Islam di seluruh dunia. (WWN)