Masjid Badshahi di Pakistan: Saksi Bisu Kesultanan Mughal

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 14:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Masjid Badshahi di Pakistan. Sumber Unsplash Shazaf Zafar
zoom-in-whitePerbesar
Masjid Badshahi di Pakistan. Sumber Unsplash Shazaf Zafar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kesultanan Mughal adalah kerajaan Islam yang pernah berdiri di India. Wilayah kekuasaannya pun mencapai Pakistan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Masjid Badshahi di Pakistan.
ADVERTISEMENT
Masjid Badshahi didirikan pada abad ke-17 oleh salah satu raja dari Kesultanan Mughal. Menariknya, masjid yang berada di Kota Lahore tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Hal-Hal Menarik Mengenai Masjid Badshahi

Masjid Badshahi di Pakistan. Sumber Unsplash Hassaan Malik
Mengutip buku Aneka Teladan Pembangunan Politik Dunia Islam, Dr. Sidik Jatmika, MSi (2019: 9), Pakistan adalah negara yang berada di Asia Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan India di sebelah timur.
Dekatnya negara ini dengan India membuatnya pernah dikuasai oleh Kesultanan Mughal. Berbagai peninggalan kesultanan ini pun masih bisa ditemukan di negara yang beribu kota Islamabad ini. Salah satunya adalah Masjid Badshahi di Pakistan.
Masjid ini mempunyai hal-hal menarik yang perlu diketahui oleh para wisatawan sekaligus untuk menambah wawasan. Berikut di antaranya.
ADVERTISEMENT

1. Telah Berumur Lebih dari Tiga Abad

Seperti yang telah disebutkan, Masjid Badshahi dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Mughal Aurangzeb. Tepatnya, masjid ini dibangun antara tahun 1671 hingga 1673. Maka dari itu, masjid ini berumur lebih dari tiga abad dan menjadi saksi bisu Kesultanan Mughal.

2. Pernah Jadi Terbesar

Dari awal peresmiannya hingga tahun 1986, masjid ini menjadi tempat ibadah umat Islam terbesar di dunia. Hal ini disebabkan kapasitasnya yang mencapai 5.000 jamaah di dalam ruangan dan 95.000 jamaah di halaman.
Besarnya ukuran masjid ini membuatnya terlihat hingga hampir 10 mil pada zaman dulu. Bahkan ukuran masjid tersebut lebih besar dari Taj Mahal, keajaiban dunia yang juga didirikan oleh Kesultanan Mughal.

3. Pernah Menjadi Pangkalan Militer

Masjid ini pernah menjadi pangkalan militer saat dikuasai oleh Sikh selama perang saudara. Pada saat itu, kelompok Sikh menduduki Lahore dan memakai masjid ini sebagai kandang kuda dan keperluan militer lain.
ADVERTISEMENT

4. Tengaran di Lahore

Masjid Badshahi menjadi tengaran populer di Lahore. Itulah mengapa banyak turis yang ingin tahu dan datang ke masjid tersebut saat berada di kota terbesar di Pakistan ini.
Masjid Badshahi di Pakistan menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu untuk didatangi. Jika berminat mengunjunginya, lokasi masjid ini berada di Fort Road, Walled City of Lahore, Lahore, Punjab. (LOV)