Masjid Faisal di Pakistan, Tempat Ibadah Muslim Indah dan Terbesar

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 14:07 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Masjid Faisal di Pakistan. Sumber Unsplash Qasim Nagori
zoom-in-whitePerbesar
Masjid Faisal di Pakistan. Sumber Unsplash Qasim Nagori
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mayoritas penduduk Pakistan memeluk agama Islam. Hal ini membuat banyak masjid didirikan negara tersebut. Contohnya adalah Masjid Faisal di Pakistan.
ADVERTISEMENT
Masjid ini mempunyai desain indah yang terinspirasi dari suatu suku di Jazirah Arab. Selain itu, ada fakta-fakta lainnya mengenai masjid tersebut yang membuatnya unik, sehingga sayang untuk dilewatkan saat berada di Pakistan.

Ragam Fakta Unik Masjid Faisal di Pakistan

Masjid Faisal di Pakistan. Sumber Unsplash Ali Muhammad
Menurut buku Aneka Teladan Pembangunan Politik Dunia Islam, Dr. Sidik Jatmika, MSi (2019: 9), Pakistan merupakan negara di Asia Selatan. Pada tahun 2010, 96,4% penduduknya menganut agama Islam.
Banyaknya umat Islam membuat beragam masjid dibangun di berbagai penjuru Pakistan. Misalnya adalah Masjid Faisal di Pakistan. Menariknya, masjid ini mempunyai fakta unik yang membuatnya patut untuk didatangi. Berikut di antaranya.

1. Terinspirasi dari Suku Badui

Suku Badui atau Badawi merupakan suku asli di Jazirah Arab yang menjadi pengembara. Suku ini telah dikenal sejak dulu dan tinggal di tenda-tenda berbentuk lancip.
ADVERTISEMENT
Bentuk tenda Suku Badui inipun menjadi inspirasi kubah Masjid Faisal. Hal ini membuat Masjid Faisal berkubah lancip dengan warna putih alih-alih setengah lingkaran, seperti masjid pada umumnya.

2. Terbesar di Pakistan

Masjid Faisal menjadi tempat ibadah umat muslim terbesar di Pakistan. Bahkan hingga saat ini, masjid ini menjadi masjid paling besar di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.
Luas interior masjid ini mencapai 5.000 meter persegi sehingga dapat menampung 100.000 jamaah di dalamnya. Area halaman pun bisa digunakan untuk beribadah dengan kapasitas 200.000 jamaah. Jadi, kapasitas totalnya ialah 300.000 jamaah.

3. Berada di Ketinggian

Masjid Faisal berlokasi di ketinggian, yaitu di kaki Bukit Margalla. Bukit Margalla sendiri berlokasi di Islamabad. Hal ini membuat masjid tersebut seakan menjadi hiasan di langit ibu kota Pakistan tersebut. Pemandangan kota juga bisa terlihat dari area masjid ini.
ADVERTISEMENT
Kini, Masjid Faisal di Pakistan ini menjadi ikon wisata ternama di negara tersebut. Hal ini membuat banyak wisatawan penasaran hingga mendatanginya. (LOV)