Pantai Amal Baru, Destinasi Wisata Bahari yang Populer di Kota Tarakan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pantai Amal Baru.Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Rowan Heuvel
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Amal Baru.Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Rowan Heuvel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kota Tarakan memiliki banyak objek wisata bahari yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Amal Baru yang menawarkan keindahan alam serta berbagai aktivitas menariknya.
ADVERTISEMENT
Pantai ini masih masuk dalam kawasan wisata Ratu Intan, tepatnya terletak di Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan Kalimantan Utara. Destinasi wisata ini hampir tak pernah sepi oleh pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Daya Tarik Pantai Amal Baru

Pantai Amal Baru. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/Anders Wideskott
Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Pantai Amal Baru merupakan objek wisata unggulan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pemerintah Kota Tarakan berencana menjadikan pantai ini sebagai pantai rekreasi seperti Pantai Ancol di Jakarta.
Tidak seperti kebanyakan pantai di Indonesia, pantai ini memiliki pasir berwarna coklat. Tempat ini semakin eksotik karena langit biru yang terlihat sangat kontras dengan pasir yang ada di bawahnya.
Pohon kelapa di sekeliling lokasi membuat pemandangan yang sangat memesona dan memanjakan mata. Tak heran jika pantai ini sangat memikat dan banyak pengunjung yang tertarik datang ke tempat ini.
ADVERTISEMENT
Matahari senja tempat ini juga akan membuat pengunjung serasa berada di dimensi lain karena keindahannya yang luar biasa. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang bersama keluarga atau bermain permainan lain di pinggir pantai.
Pengunjung juga bisa menikmati hidangan khas dari pantai ini yakni kerang kapah yang hanya dapat ditemui di tempat ini. Kuliner satu ini tidak boleh sampai dilewatkan oleh pengunjung yang datang ke objek wisata ini.
Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik lain seperti menyewa sepeda gowes maupun sepeda listrik, hingga bermain banana boot. Semua aktivitas tersebut akan dikenakan tarif yang terjangkau.
Pengunjung juga bisa berswafoto di depan ikon yang ada di tempat ini. Setidaknya, terdapat 3 icon yang bisa dipilih untuk mengambil gambar, seperti icon I Love Paguntaka, Monumen Naga Nyambur dan Kawasan Wisata Ratu Intan.
ADVERTISEMENT

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pantai Amal Baru. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Camille Minouflet.
Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WITA hingga 22.00 WITA. Lokasi pantai ini berjarak 11 km dari pusat Kota Tarakan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja.
Pengunjung yang datang ke pantai ini akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp10.000 per orang. Pengunjung yang datang dengan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan untuk sepeda motor dikenakan tarif Rp2.000.
Bagi yang ingin berkeliling kawasan pantai, bisa menyewa sepeda dengan tarif Rp20.000 untuk sepeda gowes dan Rp50.000 untuk sepeda listrik. Pengunjung juga bisa menaiki banana boat seharga Rp50.000 per orang pada hari biasa dan Rp75.000 per orang saat akhir pekan.
ADVERTISEMENT
Pengunjung yang akan datang ke Pantai Amal Baru diminta untuk tidak membawa makanan dari luar. Pengunjung bisa membeli berbagai makanan dan minuman di area food court yang ada di tempat ini. (IND)