Pantai Binalatung: Wisata Alam Tarakan yang Buka 24 Jam

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pantai Binalatung. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Sean Oulashin
zoom-in-whitePerbesar
Pantai Binalatung. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Sean Oulashin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tarakan merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Meskipun dikenal sebagai kota penghasil minyak, Tarakan tetap cocok untuk dikunjungi saat ingin liburan. Hal ini disebabkan oleh beragamnya tempat wisata di sana, seperi Pantai Binalatung.
ADVERTISEMENT
Ada banyak daya pikat yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya adalah pasirnya yang berwarna putih.

Daya Pikat Pantai Binalatung

Pantai Binalatung. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Frank Mckenna
Menurut buku Menapak Indonesia, Ahmad Suryadi, S.Pd. (2021: 101), Tarakan adalah kota yang luasnya mencapai 677,53 kilometer persegi. Kota ini berada di pulau kecil dengan nama yang sama, yaitu Pulau Tarakan.
Tarakan mempunyai berbagai wisata menarik yang bisa menjadi referensi saat liburan tiba. Salah satunya adalah Pantai Binalatung di Jalan Ringroad Binalatung, Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Menariknya, pantai ini mempunyai beberapa daya pikat, seperti.

1. Pasir Putih

Pantai ini mempunyai hamparan pasir berwarna putih yang indah. Tak hanya itu saja, pasir pantai di sini tergolong bersih sehingga para wisatawan bisa bertelanjang kaki di atasnya tanpa merasa sakit.
ADVERTISEMENT

2. Ombak yang Tenang

Pantai ini menghadap Laut Sulawesi sehingga mempunyai ombak yang tenang. Ombak inipun bisa dinikmati sembari menyegarkan pikiran.

3. Bisa Dikunjungi Kapan Saja

Jam operasional pantai ini adalah 24 jam setiap harinya. Hal ini membuatnya bisa dikunjungi kapan saja.
Uniknya, pantai ini bisa menghadirkan suasana yang berbeda setiap waktunya. Bila dikunjungi pada pagi hari, pemandangan matahari terbit yang menenangkan bisa dinikmati. Namun saat malam tiba, kafe-kafe bersuasana ceria bisa dikunjungi.

4. Bisa Digunakan untuk Berkemah

Menikmati pantai dalam kurun waktu beberapa jam terasa tak cukup bagi sebagian wisatawan. Oleh sebab itu, para wisatawan bisa melanjutkan kunjungannya di pantai ini dengan berkemah. Bagaimanapun juga, tenda perlu dibawa sendiri.

5. Murah Meriah

Tak perlu khawatir bila sedang tanggal tua atau ingin berhemat karena harga tiket masuk pantai ini hanya Rp5.000. Jadi, harga tiket tersebut masih aman bagi dompet.
ADVERTISEMENT
Pantai Binalatung bisa menjadi referensi wisata yang menyenangkan bersama teman atau keluarga. Tak hanya oleh para wisatawan dari luar kota saja, namun juga penduduk setempat. (LOV)