Pantai Kasuso: Lokasi, Pesona, Tiket Masuk, Aktivitas, Fasilitas, dan Aksesnya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 17:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pantai Kasuso, Unsplash/frank mckenna
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantai Kasuso, Unsplash/frank mckenna
ADVERTISEMENT
Sebagai negara maritim, tentunya Indonesia memiliki destinasi wisata berupa perairan yang lebih luas. Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki banyak pantai yang indah yang dijadikan destinasi wisata seperti Pantai Kasuso.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari https://genpi.id, pantai yang memiliki batu karang kokoh ini berada di wilayah Desa Barubiah, Kecamatan Bronto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pesona Pantai Kasuso, Surga Tersembunyi dari Bulukumba

Ilustrasi Pantai Kasuso, Unsplash/Quino Al
Bagi sebagian orang, Pantai Kasuso akan terdengar asing karena keberadaan pantai ini masih jarang diketahui. Meski demikian, keindahan pantai ini tak kalah dari pantai-pantai lain di Bulukumba.

1. Panorama yang Ciamik

Paduan antara air biru laut, hamparan pasir putih serta batu karang yang berada di bibir pantai membuat pantai ini nampak memesona. Keberadaan batu ini yang menjadi daya tarik dan pembeda dari pantai-pantai lain yang berada di Bulukumba.
Selain itu, terdapat tebing yang yang terbentang sepanjang pantai dengan tanaman rindang yang membuat teduh pengunjung. Suasana ini membuat siapa pun yang datang ke pantai terasa tenang dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Pantai ini juga cocok dijadikan tempat melepas penat setelah beraktivitas, karena tidak terlalu ramai pengunjung.

2. Spot Terbaik Menikmati Sunrise dan Sunset

Selain memiliki pemandangan alam yang memukau, pantai yang menjadi surga tersembunyi ini menjadi spot terbaik menyaksikan matahari terbit dan tenggelam.
Waktu terbaik melihat sunrise adalah pukul 05.30 waktu setempat, karena pada waktu tersebut matahari sudah mulai terlihat dan memancarkan cahayanya.
Pesona sunset di pantai ini juga tak kalah cantik, kombinasi antara semburat cahaya matahari serta keindahan pantai dan langit menciptakan kesan romantis bagi siapa saja yang menyaksikannya.
Saat-saat itulah, pengunjung akan mengabadikan keindahannya, baik dengan selfie ataupun memotret pemandangannya saja.

3. Spot Foto Instagrammable

Gagahnya tebing yang berdiri di sekitar pantai, panorama yang menawan, serta batu karang besar yang berdiri di tepi pantai membuat tempat ini menjadi spot foto menarik dan diburu para pengunjung untuk mengabadikan keindahannya.
ADVERTISEMENT

Fasilitas dan Aktivitas Seru

Pantai Kasuso. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Andi Hasbi Jaya
Keindahan pantai yang menjadi daya tarik juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Adapun fasilitas yang disediakan yakni area parkir yang cukup luas, kamar mandi dan toilet, gazebo, serta rumah makan.
Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan sambil menikmati keindahan di pantai ini seperti hunting foto, berenang dan bermain pasir, menyelam, bahkan memancing.

Harga Tiket dan Akses ke Sana

Pantai Kasuso. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Andi Hasbi Jaya
Untuk menikmati semua daya tarik pantai satu ini, wisatawan yang datang tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Nantinya, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 saja. Selain itu, pantai ini beroperasi selama 24 jam.
Lokasi pantai terbilang cukup jauh dari pusat keramaian, namun memiliki arah yang sama dengan kawasan wisata Tanjung Bira. Jadi, pengunjung akan melewati rute yang sama menuju Pantai Tanjung Bira.
ADVERTISEMENT
Dari jalan tersebut, kurang lebih sejauh 5 kilometer sebelum Pantai Bira, akan ada petunjuk arah belok ke kiri menuju Pantai Kasuso. Disarankan menggunakan kendaraan bermotor karena medan yang dilalui cukup sulit dan sempit
Itulah penjelasan mengenai Pantai Kasuso yang lengkap dengan lokasi, daya tarik dan informasi lainnya. Untuk menikmati liburan rasa surga, memang perlu adanya sedikit perjuangan. Selamat mencoba! (fat)