Pantai Panjang Bengkulu: Daya Tarik dan Keindahannya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 13:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pantai Panjang Bengkulu. Unsplash/Sean Oulshin
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pantai Panjang Bengkulu. Unsplash/Sean Oulshin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berencana menjadikan Pantai Panjang Bengkulu menjadi tujuan wisata berikutnya? Di sini akan diulas berbagai informasi penting, seperti harga tiket, daya tarik, hingga keindahannya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman pariwisata.bengkuluprov.go.id, Pantai Panjang adalah destinasi wisata yang cukup populer di Kota Bengkulu. Pantai dengan air jernih dan pasir putih halus ini membentang sepanjang tujuh kilometer.

Mengenal Pantai Panjang Bengkulu, Wisatawan Wajib Tahu

Ilustrasi Pantai Panjang Bengkulu. Unsplash/Camille Minouflet
Berikut beberapa ulasan lengkap mengenai Pantai Panjang Bengkulu yang wajib diketahui oleh calon wisatawan:

1. Daya Tarik dan Keindahannya

Pantai Panjang, sesuai dengan namanya, menawarkan pengalaman unik dengan garis pantai berpasir putih yang membentang hingga 7 km.
Keunikan pantai ini terletak pada beberapa faktor menarik, seperti tidak adanya terumbu karang, membuat lebar pantainya mencapai 500 meter saat air surut. Dengan begitu pantai ini aman dikunjungi kapan saja.
Kemudian pantai indah ini didominasi oleh pohon cemara dan pinus, yang membuat Pantai Panjang Bengkulu berbeda dari pantai-pantai pada umumnya yang biasanya didominasi oleh kelapa atau palem.
ADVERTISEMENT

2. Fasilitas dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Selain panorama alam yang memukau, Pantai Panjang juga menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari restoran, kafe, hingga akomodasi penginapan, area bermain, dan fasilitas berolahraga.
Karakteristik air dan ombak yang tenang menjadikan pantai ini aman untuk berbagai aktivitas seperti berenang, surfing, main air, dan mancing.
Pasir putih yang sangat halus di Pantai Panjang membuatnya cocok untuk jogging atau jalan pagi yang menyegarkan.
Pantai ini juga menjadi pilihan ideal untuk bersantai atau menikmati keindahan sunset, didukung oleh angin sejuk dan udara pantai yang menyegarkan.
Pantai Panjang terkenal sebagai lokasi berkemah di malam hari, namun para wisatawan juga memiliki opsi menginap di hotel atau cottage.

3. Harga Tiket Masuk

Pantai Panjang menyediakan pengalaman wisata tanpa biaya masuk alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir, dengan tarif Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.
ADVERTISEMENT
Pantai Panjang juga terbuka 24 jam, memberikan fleksibilitas bagi wisatawan untuk datang kapan saja.

4. Lokasi dan Cara Menuju Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang terletak di Ratu Samban, Kota Bengkulu. Lokasinya mudah dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan.
Masih berdasarkan informasi dari situs Pariwisata Bengkulu (pariwisata.bengkuluprov.go.id), perjalanan dari pusat kota ke Pantai Panjang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dengan jarak sekitar 3 km.
Akses ke pantai ini sangat nyaman menggunakan mobil, minibus, atau sepeda motor.
Dengan berbagai daya tarik, fasilitas, hingga harga tiket masuk yang gratis. Pantai Panjang Bengkulu memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi setiap wisatawan. (Andi)