Konten dari Pengguna

Pemandian Cikoromoy: Wisata Alam yang Populer di Pandeglang

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
2 Mei 2024 14:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pemandian Cikoromoy. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Thomas Park
zoom-in-whitePerbesar
Pemandian Cikoromoy. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Thomas Park
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandeglang mempunyai berbagai tempat wisata yang populer. Salah satunya adalah Pemandian Cikoromoy. Hal ini membuat pemandian tersebut sering dikunjungi terutama saat musim liburan tiba.
ADVERTISEMENT
Beragam alasan mempengaruhi kepopuleran pemandian ini. Salah satunya adalah nuansa alam yang masih kental di sana.

Alasan di Balik Kepopuleran Pemandian Cikoromoy

Pemandian Cikoromoy. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Clark Tai
Mengutip buku Menapak Indonesia, Ahmad Suryadi, S.Pd (2021: 12), Pandeglang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Banten. Ibu kota kabupaten ini berada di Pandeglang. Kabupaten ini berbatasan dengan Serang, Lebak, dan Samudra Indonesia.
Pandeglang mempunyai berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi saat musim liburan tiba. Salah satunya adalah Pemandian Cikoromoy yang populer. Ada berbagai alasan di balik kepopuleran pemandian tersebut, seperti:

1. Bernuansa Alam

Nuansa alam yang kental masih bisa dirasakan di pemandian ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai pepohonan di sekitar pemandian. Tak hanya itu saja, pemandangan Gunung Pulosari juga dapat dilihat di sini.
ADVERTISEMENT

2. Air yang Sejuk

Air di pemandian ini berasal dari mata air pegunungan. Itulah mengapa air di pemandian tersebut terasa sejuk dan menyegarkan. Selain itu, air di sini juga tak mengandung kaporit.

3. Murah Meriah

Salah satu alasan penting mengapa pemandian ini populer adalah harga tiketnya yang murah meriah, yaitu Rp5.000 saja per orang. Meskipun demikian, fasilitas di sini cukup memadai. Misalnya ada toilet dan warung makan.

4. Ada Kolam Ikan

Di area pemandian, ada kolam yang berisi berbagai ikan dengan ukuran besar. Kolam ikan tersebut bisa menjadi hiburan bagi anak-anak setelah berenang.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan tentang Pemandian Cikoromoy

Pemandian Cikoromoy. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Raphael Biscaldi
Saat liburan tiba, pemandian ini bisa dipenuhi oleh para wisatawan. Jadi, para wisatawan perlu berhati-hati terutama bila membawa anak ke sana di waktu tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.
ADVERTISEMENT
Selain itu jika ingin mengunjungi pemandian ini, para wisatawan dapat datang ke Jalan Batu Tulis, Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang. Pemandian ini sendiri buka setiap hari pada pukul 09.00-17.00 WIB.
Pemandian Cikoromoy bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi di waktu luang. Terlebih lagi jika para wisatawan ingin menghabiskan waktu dengan anak tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. (LOV)