Perpustakaan Daerah Mataram: Destinasi Wisata Literasi yang Menyenangkan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Mei 2024 16:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perpustakaan Daerah Mataram. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Inaki Del Olmo
zoom-in-whitePerbesar
Perpustakaan Daerah Mataram. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Inaki Del Olmo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mataram punya berbagai tempat untuk dikunjungi saat ingin menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satunya adalah Perpustakaan Daerah Mataram yang cocok menjadi destinasi wisata literasi.
ADVERTISEMENT
Menariknya, perpustakaan tersebut menempati gedung baru yang modern. Hal ini membuat kunjungan ke perpusatakaan menjadi lebih menyenangkan. Namun, sebelum ke sana, berbagai hal tentang perpustakaan ini perlu diketahui terlebih dahulu.

Hal-Hal Menarik tentang Perpustakaan Daerah Mataram

Perpustakaan Daerah Mataram. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Ryunosuke Kikuno
Berdasarkan buku Menapak Indonesia, Ahmad Suryadi, S.Pd (2021: 36-37), Mataram merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di samping itu, kota dengan luas 61,30 kilometer persegi ini juga merupakan kota terbesar di provinsi tersebut.
Sebagai kota terbesar, Mataram mempunyai banyak hal yang dapat dicoba oleh keluarga di Nusa Tenggara Barat. Misalnya adalah Perpustakaan Daerah Mataram. Berbagai hal perlu diketahui dulu sebelum mengunjunginya. Inilah di antaranya.

1. Menempati Gedung Baru

Perpustakaan ini sudah ada sejak lama. Awalnya lokasinya berada di Jalan langko, Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang. Hingga saat ini, lokasi tersebut masih bisa dicari di mesin pencarian dengan nama Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Mataram.
ADVERTISEMENT
Namun, pemerintah Kota Mataram baru saja selesai membangun gedung baru dan bisa dikunjungi mulai tahun ini. Lokasi baru dari perpustakaan tersebut berada di Jalan Lingkar Selatan, Jempong, Kecamatan Sekarbela.
Gedung baru ini mempunyai konsep modern dengan desain yang unik sehingga membuat kunjungan jadi menyenangkan. Selain itu, gedung ini mempunyai banyak jendela kaca yang membuat ruangan perpustakaan menjadi lebih terang.

2. Mempunyai Puluhan Ribu Buku

Ada sekitar 75 ribu buku yang bisa dipilih di perpustakaan ini. Buku-buku inipun terdiri dari beragam jenis. Hal inilah yang membuat banyak pengunjung dari berbagai kalangan bisa membaca buku di sana termasuk keluarga.
Jika ingin menikmati layanan di perpustakaan tersebut, para pengunjung perlu menunjukkan kartu identitas. Bila masih pelajar, maka kartu pelajar bisa dibawa.
ADVERTISEMENT

3. Akan Dilengkapi Berbagai Fasilitas

Berdasarkan rencana awal pembangunan, perpustakaan ini akan dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan kunjungan. Misalnya adalah area bermain anak.
Perpustakaan Daerah Mataram ini dapat dipertimbangkan saat keluarga ingin membaca di waktu senggang. Jika kesulitan saat ingin mengunjunginya, tempat ini bisa dicari di aplikasi peta daring dengan kata kunci “Dinas Arsip dan Perpustakaan Sekarbela”. (LOV)