Pesona Rammang-Rammang, Wisata Pegunungan Karst yang Eksotis

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
30 Januari 2024 3:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pesona Rammang-Rammang. Unsplash/Claudio Testa.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pesona Rammang-Rammang. Unsplash/Claudio Testa.
ADVERTISEMENT
Sulawesi Selatan memiliki harta karun yang tidak ternilai harganya. Tidak banyak orang tahu di balik pegunungan kapur di Sulawesi Selatan ini terdapat pesona Rammang-Rammang, yaitu sebuah wisata pegunungan karst yang eksotis dan menawan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari website disbudpar.sulselprov.go.id, wisata Sulawesi Selatan banyak menyuguhkan keindahan alam yang memesona yang akan membuat para wisatawan nyaman dalam berlibur. Salah satunya adalah wisata alam Rammang-Rammang.

Pesona Rammang-Rammang

Ilustrasi Pesona Rammang-Rammang. Unsplash/Claudiel R.
Desa wisata Rammang-Rammang menjadi wisata alam yang terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Tiongkok. Berikut informasi wisata Rammang-Rammang yang harus diketahui para wisatawan sebelum datang berkunjung:

1. Daya Tarik & Aktivitas

Rammang-Rammang terkenal karena pemandangan alamnya yang spektakuler. Dari ketinggian tebing ini, pengunjung dapat menikmati panorama spektakuler yang luas, pegunungan yang indah, dan sungai-sungai yang indah dengan perahu-perahu kecil.
Pegunungan Karst menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, terutama para pencinta alam dan penggemar kegiatan ekspedisi. Pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti menjelajahi gua-gua yang menakjubkan, dan melakukan trekking melalui lembah-lembah.
ADVERTISEMENT
Di kawasan wisata Rammang-rammang ini terdapat Kampung Berua yang menyuguhkan suasana khas pedesaan yang begitu asri dan teduh. Di sini, pengunjung dapat menikmati aktivitas, seperti bertani, beternak ikan, dan menikmati suasana pedesaan seperti sunrise.

2. Tiket Masuk

Tiket masuk sekitar Rp5.000. Namun, warga setempat menyewakan perahu untuk wisatawan dengan tarif Rp350.000 dan tarif masuk spot wisata umumnya adalah Rp10.000. Ada juga atraksi wisata dan pertunjukan seni budaya mulai dari 300 ribuan hingga 1 juta rupiah.

3. Lokasi

Wisata Rammang-Rammang terletak di Desa Salenrang, Bontua, Bontonlempangan, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Wisata Rammang-rammang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin.

4. Cara Ke Sana

Wisatawan yang ingin datang menggunakan kereta api, bisa turun di Stasiun Kereta Api Rammang-rammang lalu dilanjutkan perjalanan darat sekitar 5 menit. Lalu, pengunjung akan mencapai spot utamanya, yaitu Wisata Rammang-Rammang.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi mengenai pesona Rammang-Rammang yang bisa menjadi referensi bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menikmati wisata pegunungan karst yang eksotis dan menawan. (HEN)