Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru yang Terjangkau

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
28 April 2023 19:13 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tempat wisata di purworejo terbaru. Sumber foto: Pixabay @edward
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tempat wisata di purworejo terbaru. Sumber foto: Pixabay @edward
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Purworejo merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Memilih tempat wisata di Purworejo terbaru ini akan membuat liburanmu semakin menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama orang-orang tercinta.
ADVERTISEMENT
Banyak traveler yang mencari tiket murah untuk berlibur ke Purworejo, karena kota ini menyuguhkan pesona alam yang indah dan juga budaya yang kaya.

Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru

Ilustrasu tempat wisata di Purworejo terbaru. Sumber foto: Pixabay @rytidew
Dikutip dari Buku berjudul 100+ Tempat Wisata di Purworejo karya Bagaskoro Dwi Atmojo, terbitan 2021, di Kabupaten Purworejo terdapat beberapa tempat wisata menarik terbaru yang sangat menarik untuk di kunjungi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Purworejo tersebut.

1. Curug Muncar

Curug Muncar memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang curam dan pepohonan hijau yang lebat.
Air terjun ini memiliki kolam yang cukup luas di bawahnya yang biasa digunakan untuk berenang dan bermain air. Selain itu, di sekitar Curug Muncar juga terdapat beberapa spot foto yang indah dan Instagramable.
ADVERTISEMENT
Untuk masuk ke Curug Muncar, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang. Selain itu, terdapat juga biaya parkir sekitar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Alun-Alun Purworejo

Alun-Alun Purworejo adalah sebuah lapangan terbuka yang terletak di pusat kota Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Alun-alun ini menjadi pusat kegiatan masyarakat Purworejo dan juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di daerah tersebut.
Harga tiket masuk ke Alun-alun Purworejo gratis alias tidak dipungut biaya. Namun, jika ingin melakukan kegiatan, seperti naik delman atau bermain ayunan yang tersedia di sekitar alun-alun, biasanya pengunjung akan dikenakan biaya sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang.
ADVERTISEMENT

3. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang merupakan salah satu pantai yang terletak di wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini memiliki pasir putih yang luas dan air laut yang jernih. Pantai Ketawang juga dikelilingi oleh bukit dan hamparan sawah yang menambah keindahan alam di sekitarnya.
Untuk masuk ke Pantai Ketawang, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang.
Selain itu, terdapat juga biaya parkir sekitar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Pantai Ketawang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

4. Gunung Kunir Benowo

Gunung Kunir Benowo merupakan salah satu gunung yang terletak di wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.756 meter di atas permukaan laut dan terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan.
ADVERTISEMENT
Untuk mendaki Gunung Kunir Benowo, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang. Selain itu, biasanya pengunjung juga harus membayar biaya parkir sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000, tergantung jenis kendaraan yang digunakan.
Selain biaya tiket masuk, biasanya pengunjung juga harus membayar biaya pendakian yang disesuaikan dengan jalur pendakian yang dipilih.
Untuk jalur pendakian yang umum digunakan, seperti jalur Cepit, Birowo, atau Kaliadem, biaya pendakian berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang.

5. Benteng Pendem

Daya tarik utama dari Benteng Pendem adalah nilai sejarah dan arsitektur bangunan yang memukau. Pengunjung bisa berkeliling di sekitar benteng dan menikmati pemandangan sejarah yang terawat dengan baik.
Selain itu, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah Benteng Pendem di museum yang terdapat di dalam area benteng.
ADVERTISEMENT
Untuk masuk ke Benteng Pendem, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Benteng Pendem buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

6. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu adalah sebuah pantai yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan bersih, air lautnya yang jernih, serta panorama alam yang indah.
Pantai Pasir Puncu menjadi destinasi wisata yang populer di Purworejo dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.
Untuk masuk ke Pantai Pasir Puncu, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang.
Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Pantai Pasir Puncu buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Itulah enam rekomendasi tempat wisata di Purworejo yang bisa dikunjungi dengan tiket terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah merencanakan liburan Anda ke Purworejo! (ZIA)