Rowo Jombor Klaten, Sensasi Naik Perahu sembari Menikmati Keindahan Alam

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
19 April 2024 14:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Rowo Jombor Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Mohamed Masaau.
zoom-in-whitePerbesar
Rowo Jombor Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Mohamed Masaau.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Klaten merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan sejumlah destinasi wisatanya. Salah satu yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Rowo Jombor Klaten.
ADVERTISEMENT
Rowo Jombor merupakan waduk seluas 198 hektare dengan kedalaman hingga 4,5 meter. Dulunya, Rowo Jombor dibangun untuk menampung air dari sungai-sungai di sekitarnya serta mengendalikan banjir.
Saat musim kemarau, Rowo Jombor difungsikan untuk mengairi sawah. Seiring dengan berjalannya waktu, Rowo Jombor dimanfaatkan untuk keperluan lainnya, seperti pariwisata.

Sekilas tentang Rowo Jombor Klaten

Rowo Jombor Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ Maxi am Brunnen.
Rowo Jombor saat ini menjadi salah satu ikon wisata yang sangat populer di Klaten. Ada beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan pengunjung saat datang Rowo Jombor Klaten. Berikut beberapa di antaranya, seperti yang dikutip dari situs visitjawatengah.jatengprov.go.id.

1. Makan di Warung Apung

Salah satu daya tarik destinasi wisata ini adalah keberadaan warung apungnya. Bersantap di atas warung apung tentu menghadirkan sensasi menikmati makanan yang berbeda dan menarik.
ADVERTISEMENT
Tempat kuliner ini dibangun menggunakan bambu atau drum. Untuk bisa sampai ke area warung, pengunjung harus menaiki rakit yang ditarik petugas. Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner sembari menikmati pemandangan sekitar danau.

2. Naik Perahu Wisata

Aktivitas lain yang tak kalah seru saat datang ke tempat wisata ini adalah naik perahu wisata. Pengunjung akan diajak mengelilingi danau menggunakan perahu selama 10 hingga 15 menit.
Ada banyak perahu-perahu wisata yang akan mengantar pengunjung mengelilingi waduk. Ukuran perahunya juga lumayan besar, sehingga mampu menampung 20 orang untuk sekali jalan.

3. Menikmati Lanskap dan Senja

Rowo Jombor dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang masih alami dan asri. Pengunjung bisa menikmati bentang alam yang begitu memesona dan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.
Jika datang saat pagi hari, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit atau sunrise. Sementara jika memilih datang saat sore hari, pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam atau sunset.
ADVERTISEMENT

Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Buka Rowo Jombor Klaten

Rowo Jombor Klaten. Foto hanya ilustrasi, bukan gambar sebenarnya. Sumber: Unsplash/ SaiKrishna Saketh Yellapragada.
Rowo Jombor berlokasi di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 7,8 km dari pusat Kota Klaten atau sekitar 20 menit dengan berkendara.
Untuk bisa menikmati keindahan dari destinasi wisata ini, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu. Karena harga tiket masuknya sangat terjangkau, yakni Rp5.000 per orang. Sementara biaya parkir kendaraan dikenakan tarif Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.
Destinasi wisata yang berada di Klaten Jawa Tengah ini buka setiap hari titik, yakni dengan jam operasional mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Saat akhir pekan atau libur nasional, Rowo Jombor akan lebih ramai dari biasanya.
ADVERTISEMENT
Itulah informasi mengenai Rowo Jombor Klaten, destinasi wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Jangan khawatir karena akses menuju destinasi wisata ini sudah sangat bagus, sehingga nyaman untuk dilalui. (IND)