Rute dan Cara ke Istiqlal Naik KRL untuk Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 September 2023 15:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara ke Istiqlal Naik KRL|Pexels| Jimmy Liao
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara ke Istiqlal Naik KRL|Pexels| Jimmy Liao
ADVERTISEMENT
Masjid Istiqlal menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk datang ke masjid ini, wisatawan luar kota dapat menggunakan KRL sebagai transportasi umum. Agar tidak salah arah atau jenis transportasinya, ada baiknya mengetahui cara ke Istiqlal naik KRL dan rutenya.
ADVERTISEMENT
KRL atau Commuter Line banyak digunakan masyarakat dalam bepergian. Ini juga menjadi visi pemerintah Jakarta untuk menanggulangi kemacetan yang parah agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat.

Rute dan cara ke Istiqlal naik KRL

Ilustrasi Cara ke Istiqlal Naik KRL|Pexels|Essow K
Cara ke Istiqlal naik KRL harus diketahui oleh wisatawan yang datang menggunakan alat transportasi umum agar tidak tertinggal atau salah rute. Stasiun terdekat dengan Masjid Istiqlal adalah Stasiun Juanda yang berjarak sekitar 1,3 kilometer dari masjid.
Berikut ini adalah cara menuju Masjid Istiqlal menggunakan KRL yang dikutip dari laman commuterline.id untuk wisatawan yang datang dari luar kota.

1. KRL arah Stasiun Bekasi-Jatinegara

Untuk wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bekasi, gunakan KRL tujuan Stasiun Jakarta kota untuk menuju Masjid Istiqlal. Rute yang akan di lalui adalah stasiun Bekasi- Kranji- Cakung-Klender baru-Buaran-Klender-Jatinegara-Matraman-Manggarai-Cikini-Gondangdia-Juanda.
ADVERTISEMENT
Jangan khawatir jika kereta hanya berhenti di Stasiun Manggarai. Segera lanjutkan perjalanan menggunakan KRL lainnya dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda. Setelah sampai Stasiun Juanda, gunakan taksi, ojek, atau berjalan kaki sekitar 7 menit untuk sampai ke Masjid Istiqlal.

2. KRL Arah Stasiun Bogor-Depok

Untuk wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bogor, gunakan KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota untuk menuju Masjid Istiqlal. Rute yang akan di lalui adalah stasiun Bogor-Celebuk-Bojong Gede-Citayam-Depok-Depok Baru-Pondok Cina-Univ Indonesia-Univ Pancasila-Lenteng Agung-Tanjung Barat-Pasar Minggu-Pasar Minggu Baru-Duren Kalibata-Cawang-Tebet-Manggarai-Cikini-Gondangdia-Juanda.
Jika kereta hanya berhenti di Stasiun Manggarai, bisa langsung melanjutkan perjalanan menggunakan KRL lainnya dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di stasiun Juanda. Setelah sampai stasiun Juanda, gunakan taksi, ojek, atau berjalan kaki sekitar 7 menit untuk ke Masjid Istiqlal.
ADVERTISEMENT

3. KRL Arah Stasiun Tanggerang

Untuk wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tangerang, gunakan KRL tujuan Stasiun Duri. Pembelian tiket bisa dilakukan dengan tujuan Stasiun Tanah Abang. Rutenya adalah Stasiun Tanggerang -Tanah Tinggi -Batu Ceper-Poris-Kali Deres-Rawa Buaya-Bojong Indah—Taman Kota-Pesing-Grogol-Duri.
Turun di Stasiun Duri dan lanjutkan perjalanan menggunakan angkatan umum lainnya seperti taksi atau ojek. Jarak antara Stasiun Duri dengan Masjid Istiqlal adalah 2 Km.
Cara ke Istiqlal naik KRL cukup mudah. Wisatawan dapat mengikuti instruksi dari pihak kereta dan mengetahui nama setiap pemberhentian agar tidak salah jalan.(AIN)