Konten dari Pengguna

Suligi Hill: Menikmati Panorama Memukau dari Atas Awan di Rokan Hulu Riau

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
8 Mei 2024 19:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Suligi Hill. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Jan Schulz # Webdesigner Stuttgart
zoom-in-whitePerbesar
Suligi Hill. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/Jan Schulz # Webdesigner Stuttgart
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Suligi Hill, di Rokan Hulu Riau, merupakan tempat yang menawan. Di sini, hamparan awan terlihat seperti lautan yang luas, menambah keindahan pegunungan yang sudah memesona.
ADVERTISEMENT
Berlokasi pada ketinggian 812 meter di atas permukaan laut, Puncak Suligi menawarkan daya tarik kuat bagi pengunjung yang ingin menjelajah. Berbagai media sering menggambarkan tempat ini sebagai Negeri di Awan, mengingat pemandangan samudra awannya yang menakjubkan.
Suligi Hill. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/CHUTTERSNAP
Fenomena awan di Suligi Hill yang tampak seperti samudra mengambang ini bisa dinikmati hanya dari pukul 06.00 WIB hingga 09.30 WIB. Karenanya, pengunjung biasanya memilih untuk bermalam di puncak. Di sini, bisa juga disaksikan panorama matahari terbit dan terbenam yang spektakuler.
Perjalanan ke puncak Bukit Suligi bisa dimulai dari Ibu Kota Kabupaten Rohul, Pasir Pengaraian, dengan kendaraan roda dua atau empat. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Namun, jika berangkat dari Kabupaten Kampar, waktu tempuh bisa lebih singkat, sekitar satu jam.
ADVERTISEMENT
Setibanya di Desa Aliantan, di persimpangan Simpang Koto Kampar Aliantan atau Simpang Kokar, perjalanan dilanjutkan sejauh 21 km menuju kaki bukit. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menikmati pemandangan alam yang hijau, termasuk Gua Garuda, Air Terjun Sikubin, dan Air Terjun Dayang.
Di kaki bukit, pengunjung akan disambut oleh kelompok sadar wisata dan Care Taker yang akan memberikan pengarahan sebelum pendakian dimulai.

Mendaki ke Puncak Negeri di Awan

Suligi Hill. Foto hanyalah ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Unsplash/KAL VISUALS
Pendakian ke puncak memakan waktu sekitar dua jam. Sepanjang jalur, pemandangan alam yang asri akan menemani. Beberapa bagian jalur memiliki kemiringan hingga 65 derajat, tetapi sudah dilengkapi tali untuk membantu pendakian. Di puncak Suligi Hill, yang berada di ketinggian 812 meter, pemandangan yang indah menanti.
ADVERTISEMENT
Menginap di puncak sangat direkomendasikan untuk menyaksikan pemandangan awan pada pagi hari dan matahari terbit yang spektakuler, memberikan pengalaman seperti berada di negeri di atas awan.
Menurut keterangan yang ada di jemari.riau.go.id, biaya perjalanan ke lokasi ini cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp35.000, yang sudah mencakup jajan, makan minum, dan biaya parkir kendaraan. Lokasi ini buka dari pukul 03.30 sampai pukul 00.00, memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sana.
Suligi Hill di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, menawarkan semua pengalaman ini, membuatnya menjadi destinasi yang ideal untuk penggemar alam dan petualangan. (CR)