Titik Nol Bulukumba: Daya Tarik, Lokasi, dan Info Lainnya

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 13:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Titik Nol Bulukumba. Foto: Unsplash/Andi Hasbi Jaya
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Titik Nol Bulukumba. Foto: Unsplash/Andi Hasbi Jaya
ADVERTISEMENT
Titik Nol Bulukumba merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan Tanjung Bira. Destinasi ini menjadi primadona dari Provinsi Sulawesi Selatan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari artikel ilmiah Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Destinasi Wisata Bahari Titik Nol Tanjung Bira Di Kabupaten Bulukumba, Mega Aulia Ali Saleng (2021:1), Bulukumba adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan yang dikenal dengan banyak pantai cantik, eksotis dan menakjubkan.
Secara geografis Bulukumba terletak di kondisi 4 dimensi yaitu dataran tinggi pada kaki Gunung Bawakaraeng-Lompobattang, dataran rendah, pantai dan laut lepas.

Daya Tarik Titik Nol Bulukumba

Ilustrasi Titik Nol Bulukumba. Foto: Unsplash/Andi Hasbi Jaya
Penamaan Titik Nol Bulukumba muncul sejak tahun 2018 ketika Dinas Pariwisata mencoba untuk mengembangkan wisata Pasir Putih di Tanjung Bira ini.
Alasan dinamakan Titik Nol Bulukumba karena terdapat sebuah lempengan logam yang berbentuk bundar dengan posisi yang tertancap pada tanah. Selain itu karena lokasinya yang berada di titik paling ujung kaki pulau Sulawesi.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis karena berada di ketinggian dengan tebing yang terbentuk dari hantaman ombak. Ketinggiannya mencapai 50 meter di atas permukaan laut.
Dinas Pariwisata setempat menyediakan tangga yang dicat warna-warni untuk dapat turun ke dasar tebing. Di tangga paling ujung terdapat jembatan kaca yang membuat pengunjung merasa seperti melayang di atas air dan menjadi icon dari wisata ini.

Aktivitas dan Fasilitas

Destinasi wisata ini masih dalam proses pengembangan, namun pengunjung tetap dapat melakukan berbagai macam aktivitas di Titik Nol Bulukumba seperti wisata air, wisata sejarah dan budaya, dan menikmati keindahan alam yang memukau.
Pada wisata air pengunjung dapat menyewa perahu nelayan dan menjelajahi perairan sekitarnya, menikmati keindahan laut dan bawah laut.
ADVERTISEMENT
Wisata bersejarah dapat dinikmati dengan mengunjungi Benteng Rumbia yang menjadi saksi bisu masa lalu, ada juga kerajinan tangan lokal yang dibuat oleh pengrajin setempat. Pemandangan alam yang indah juga menjadi hal yang dapat dinikmati oleh pengunjung.
Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini ada berbagai macam penginapan dengan pemandangan laut yang indah, restoran dan warung makan dengan kuliner lokal, area parkir yang luas dan masih banyak yang lainnya.

Lokasi, Tiket Masuk, Jam Operasional

Lokasi Titik Nol Bulukumba terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Wisata ini berjarak sekitar dua kilometer dari Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, dan dapat masuk melalui kawasan Pantai ini.
Tiket masuk yang ditawarkan seharga Rp10.000 untuk orang dewasa, Rp5.000 untuk anak-anak, Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp10.000 untuk parkir mobil per unit. Jam operasional wisata ini buka selama 24 jam setiap hari.
ADVERTISEMENT

Cara Mengunjunginya

Cara mengunjungi Titik Nol Bulukumba memerlukan kesabaran dan waktu yang ekstra namun akan terbayarkan dengan tempatnya yang sangat indah.
Lokasinya yang berada di kawasan Pantai Tanjung Bira dapat ditempuh kurang lebih selama 6 jam perjalanan dari bandara terdekat yaitu Makassar. Pengunjung dapat naik kendaraan pribadi atau travel dengan biaya Rp40.000 per orang ke Bulukumba.
Setelah sampai di Bulukumba, pengunjung dapat naik angkutan umum yang disebut pete-pete oleh orang lokal menuju ke Pantai Tanjung Bira dengan biaya Rp15.000.
Setelah sampai di Pantai Tanjung Bira, pengunjung harus menyusuri hutan alami dan semak belukar dengan jalan kecil untuk sampai ke Titik Nol Bulukumba sampai menemui pos. Dan akan terlihat tebing tinggi dengan hamparan laut yang luas.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi terkait Titik Nol Bulukumba sebagai destinasi wisata terbaik di Sulawesi Selatan yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah. (Mit)