kumparan
search-gray
Food & Travel4 Maret 2020 3:24

Perayaan Kuningan di Inggris - Merekatkan persaudaraan warga Bali.

Konten kiriman user
Lebih dari seratus orang warga Banjar Bali di Inggris Raya berkumpul bersama menyambut hari raya Kuningan pada Sabtu (29/02/2020). Warga Banjar Bali yang beragama Hindu pun melaksanakan persembahyangan bersama yang dipimpin oleh Putu Sudiana, seorang mahasiswa program doktoral di University of Newcastle.
ADVERTISEMENT
Deretan beberapa pajegan khas Bali lengkap dengan sarana persembahyangan lainnya serta sajian kuliner khas Bali seperti lawar, sate, jukut undis, sambal serta kudapan Bali seperti jaja lak-lak, tape uli menambah semarak perayaan hari raya Kuningan yang berlangsung hingga sore hari tersebut.
Perayaan Kuningan di Inggris - Merekatkan persaudaraan warga Bali. (1212833)
Warga banjar Bali di Inggris Raya merayakan Kuningan
Perayaan Kuningan yang berlangsung sangat akrab dan penuh suka cita tersebut bertempat di aula Hotel Campanile, Kota Birmingham. Acara juga dimeriahkan dengan suguhan Tari Cendrawasih dan Tari Pendet yang dibawakan oleh warga Banjar Bali UK.
Ditengah acara perayaan, anak-anak yang hadir juga tampak antusias mengikuti lomba mewarnai dan menggambar.
"KBRI London mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Kuningan bagi saudara-saudara yang merayakan dan merasa gembira menyaksikan antusiasme warga Banjar Bali untuk bersilahturahmi di kesempatan yang baik ini. KBRI London berharap agar kolaborasi antara KBRI London dan Banjar Bali dapat terus ditingkatkan untuk mempromosikan Indonesia di Inggris Raya melalui berbagai kesempatan." pesan Juliartha Nugrahaeny, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, yang saat ini bertugas di KBRI London dan turut hadir pada acara perayaan.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan persembahyangan kali ini jatuh dipenghujung musim dingin di Inggris Raya. Mereka yang hadir datang hampir dari seluruh penjuru Inggris Raya seperti Glasgow, Manchester, London, Newcastle, Bristol, Liverpool dan beberapa kota lainnya di Inggris Raya.
"Kami tiba pagi hari di Birmingham setelah menempuh 7 jam perjalanan dengan bus dari Newcastle," ujar salah seorang warga yang hadir bersama keluarganya. Wayan Gunawan, yang merupakan salah satu pemrakarsa Banjar Bali ring United Kingdom, mengungkapkan bahwa semangat menyama braya warga selalu kuat sejak pertama kali kegiatan serupa ini dilakukan mulai tahun 2015.
Ketua pelaksana perayaan Kuningan kali ini, I Gusti Ngurah Beni Setiawan mengaku sangat berbahagia melihat antusiasme warga yang hadir dan sangat gembira dengan kehadiran perwakilan KBRI London.
ADVERTISEMENT
"Acara perayaan ini menjadi simbol bahwa semangat menyama braya (bersaudara) akan selalu terpelihara dimanapun kita berada. Tidak hanya untuk warga Hindu Bali, tapi juga diaspora Bali yang memiliki keterikatan dan kecintaan pada Pulau Bali, terlebih dengan kehadiran KBRI London sebagai orang tua seluruh masyarakat Indonesia di Inggris Raya." ujarnya.el
Perayaan Kuningan di Inggris - Merekatkan persaudaraan warga Bali. (1212834)
Keluarga besar banjar Bali di Inggris
Komunitas warga Bali, Banjar Bali ring United Kingdom sebelumnya diresmikan langsung oleh Dr. Rizal Sukma, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, pada bulan November 2019 di kota Bournemouth, Inggris. Ketut Artawan Pande dan A.A.Gde Kembara Eka Susila dipercaya untuk mengemban tugas Ketua dan Wakil ketua Banjar Bali UK.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white