kumparan
Food & Travel24 Agustus 2018 20:05

5 Fakta Dasar tentang Amerika Tengah

Konten kiriman user
Mengaku traveller sejati? Jika Anda belum menjejakkan kaki di Amerika Tengah, rasanya sebutan penjelajah dunia rasanya belum pas untuk Anda sandang.
ADVERTISEMENT
Terletak berbatasan dengan Meksiko di sebelah utara, Kolombia di sebelah tenggara, Laut Karibia di sebelah timur dan Samudera Pasifik di sebelah barat Amerika Tengah terdiri atas tujuh negara: Belize, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua dan Panama. Dianggap sebagai “jembatan” antara Amerika Utara dan Amerika Selatan, negara-negara ini secara teknis juga merupakan bagian dari Amerika Utara.
Foto: https://commons.wikimedia.org
Bagi masyarakat di Asia, sebagian besar nama negara di kawasan Amerika Tengah mungkin masih terdengar asing dan sering terlewatkan saat melihat peta. Saking tidak terkenalnya, pada saat virus Ebola menyebar luas di tahun 2014, banyak orang menghindari bandara Liberia di Kosta Rika karena disangka merupakan negara di Afrika, loh! Namun, kawasan ini nyatanya adalah salah satu destinasi populer untuk berlibur bagi wisatawan dari Amerika dan Eropa.
ADVERTISEMENT
Wajar memang jika kawasan ini belum cukup dikenal dunia, termasuk Indonesia, mengingat lokasinya yang cukup jauh dari Indonesia dan ukuran negara-negara yang kecil. Untuk mencapai negara-negara ini dari Indonesia, umumnya Anda harus melintasi jarak 17.474 km dengan minimal 20 jam perjalanan udara (di luar waktu transit). Jauh ya? Kawasan ini juga hanya dapat dicapai melalui Amerika Serikat (Miami), Meksiko (Cancun dan Mexico City), Kuba atau Amerika Selatan.
Anda mungkin salah satu dari mereka yang tidak mengenal Amerika Tengah? Nah, untuk sedikit lebih mengenal kawasan ini, berikut 5 fakta dasar tentang Amerika Tengah yang perlu kamu tahu. Yuk, kita simak!
1. Jagung, nasi dan kacang merah dimana-mana!
Jagung adalah makanan pokok di hampir semua negara di kawasan Amerika Tengah. Guatemala dan El Salvador, misalnya. Namun, di Nikaragua dan Kosta Rika, nasi dan kacang (merah) lebih dijadikan makanan utama. Kemanapun kita pergi, jagung, mulai dari restoran hingga warung di pinggir jalan, mulai dari kafe hingga supermarket, nasi dan kacang merah akan kita temui.
Nasi, jagung (pupusa) dan kacang merah yang digiling dalam satu piring. (Foto: Flickr.com)
ADVERTISEMENT
2. Waspada Gunung vulkanik
Seperti Indonesia, sebagian besar negara di Amerika Tengah berada di lingkaran gunung vulkanik. Lokasi tersebut pula yang selanjutnya memengaruhi jenis makanan khas Amerika Tengah, seperti jagung, yang tumbuh subur di tanah vulkanik. Sepanjang sejarah, gunung vulkanik di Amerika Tengah tercatat pernah meletus dan mengakibatkan ribuan korban. Beberapa gunung vulkanik di kawasan ini masih aktif, termasuk Gunung Fuego di Guatemala yang meletus pada pertengahan tahun ini dan mengakibatkan puluhan korban jiwa dan hilang, serta jutaan orang terkena dampak langsung erupsi gunung tersebut.
Gunung Vulkanik Fuego di Guatemala (Foto: https://commons.wikimedia.org)
3. Kombinasi Eropa dan Suku Asli
Tiga per lima populasi di Amerika Tengah adalah generasi keturunan campuran antara Eropa (sebagian besar Spanyol dan beberapa Inggris) dan suku Maya, umumnya Mestizos. Satu per lima dari populasi ini merupakan keturunan langsung dari suku Kerajaan dan Tribal yang tinggal di negara-negara kawasan ini sebelum ditaklukkan.
Gadis Penduduk Guadalupe, Cerro Punta, Chiriquí, Panamá (Sumber: Flickr.com, Lon&Queta)
ADVERTISEMENT
4. Destinasi Alternatif Travelling Murah
Dibandingkan di Asia, untuk dapat menikmati negara-negara di kawasan ini hanya membutuhkan biaya lebih sedikit. Secara umum, di setiap negara, seorang wisatawan hanya membutuhkan sekitar 20-35 dolar Amerika per hari. Biaya hidup tersebut tentunya tidak cukup bila dihabiskan di tempat wisata yang populer atau untuk berbelanja barang mewah. Biaya hidup di Guatemala, Belize dan Nikaragua masih lebih murah dibandingkan di Kosta Rika dan Panama.
Belize City Marina (Foto: Flickr.com, Steve Grundy)
5. Surganya Wisata Alam
Bagi penyuka tantangan dan ingin mengunjungi tempat baru yang menantang, perjalanan panjang nan melelahkan ke kawasan Amerika Tengah akan terbayarkan. Ketujuh negara Amerika Tengah tersebut menawarkan destinasi wisata yang unik, tidak biasa, magis dan cantik! Mulai dari kekayaan budaya, reruntuhan peradaban Maya yang berusia ribuan tahun, dan kehidupan alam liar serta petualangan penuh tantangan bisa Anda dapatkan di hampir seluruh negara di kawasan ini. Anda dapat menikmati indahnya dunia bawah laut Belize, atau menikmati magisnya Danau Atitlan di Guatemala dan Grenada Underwater Sculpurepark di Nicaragua.
Grenada Underwater Sculpurepark, Nikaragua (Foto: Pinterest)
ADVERTISEMENT
Selain lima hal tersebut, masih ada puluhan bahkan ratusan hal menarik dan unik yang dapat Anda temui sendiri di Amerika Tengah? Penasaran, yuk, segera lakukan riset lebih jauh untuk siapkan itinerary perjalanan dan beli tiket! Nos vemos en Centroamérica!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan